Menu

76 Tahun Indonesia Merdeka, Sumbangsih dan Mahakarya Semen Padang

  Dibaca : 111 kali
76 Tahun Indonesia Merdeka, Sumbangsih dan Mahakarya Semen Padang
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, ketika meninjau pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai, Jumat (21/2/2020) lalu. Jalan tol ini dibangun menggunakan produk PT Semen Padang.

PT Semen Padang meru­pakan pelopor industri semen di Indonesia. Berusia 111 tahun, PT Semen Padang turut memberi warna 76 tahun ke­mer­dekaan Republik Indonesia—, membantu dan berkon­stribusi serta membuat inovasi-inovasi melalui pembangunan.

PT Semen Padang ber­kontribusi nyata bagi kejayaan bangsa dalam berbagai aspek kehidu­pan bangsa, tak hanya ekonomi, kema­juan per­adaban dan sum­ber daya manusia. Semen Padang memberikan kon­tri­busi kepada bangsa dan ne­gara, khususnya kepada mas­yarakat Sumatera Barat secara langsung maupun tidak lang­sung.

Masjid Raya Sumatera Barat yang menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat Minang, pembangunannya menggunakan produk PT Semen Padang.

Sebagai pe­­­­ru­sa­haa­n yang su­dah berusia 111 tahun, pro­duk Semen Pa­dang men­jadi tonggak modernisasi di Indonesia, dengan banyaknya bangu­nan mo­numental diba­ngun menggunakan pro­duk semen yang pertama di Asia Tenggara tersebut. Di antaranya Fly Over Kelok Sembilan, Tol Trans Sumatera Ruas Sigli – Banda Aceh, Tol Pe­kan­ba­ru–Du­mai (131.48 kilometer).

Maha­karya yang sampai kini sangat dira­sakan man­faat­nya, sa­lah satunya adalah jalan Kelok Sem­bilan. Di Ja­lan Kelok Sem­­bilan, di­­bangun jem­­batan la­­yang se­pan­jang 2,5 km. Jem­ba­tan ini me­­nyusuri dua dinding bukit terjal de­ngan tinggi tiang-tiang beton bervariasi mencapai 58 meter. Jembatan ini dires­mikan oleh Presiden Susilo Bambang Yu­dho­yono pa­da Oktober 2013 lalu. Hal yang membanggakan dari Kelok Sembilan yaitu semua kontruksi jemba­tan, meng­gu­nakan 100 persen pro­duk semen asli Indonesia, yaitu Semen PCC dari Semen Padang.

Kemudian, ada Masjid Ra­ya Sumatera Barat—, menjadi satu kebanggaan bagi masya­rakat Minang. Produk Semen Padang yang digunakan seba­gai bahan pembangunan me­ru­­pakan pili­han yang tepat. Ka­rena Semen Padang telah dipercaya seba­gai produk yang tidak hanya dikenal ka­rena superbrand yang dimiliki­nya.

Tidak hanya di Sumbar, produk Semen Padang juga memberi andil besar dalam pembangunan pro­yek monumental Mo­nu­men Nasional (Mo­­nas). Pem­­ba­ngu­­nan Monas di­mulai 17 Agustus 1961 di bawah perin­tah Pre­siden Soe­karno. Selan­jutnya, Jembatan Se­manggi juga memakai pro­duk Semen Pa­dang.­Ge­dung MPR/DPR di Senayan juga telah memanfaatkan Semen Padang pada struktur bangu­nan­nya.

Ada lagi, Jembatan Am­pera—, melintas Sungai Musi yang membelah Kota Palem­bang. Semen Padang juga memberi peran penting dalam proses pem­bangunan jembatan megah ini.

Jembatan Barelang di Ba­tam, Kepulauan Riau, bisa dikatakan sebagai mahakarya putra-putri Indonesia karena jembatan ini merupakan pilot project ber­tek­nologi tinggi. Jembatan yang berdiri dengan kokoh ini ternyata pem­bangu­nannya meng­gu­nakan semen asli produk Indone­sia yakni Semen Padang. Semen Padang membuktikan bah­wa kualitas dari semen ini dapat dipercaya dengan jaminan mutu dan kekuatannya.

Selain mahakarya bangu­nan monumental di Indonesia, di sektor ekonomi, kehadiran Semen Padang sebagai in­dustri besar multiplier effect. Ribuan anak-anak sekolah dibantu setiap tahun melalui program beasiswa. Ribuan masyarakat terbantu ekono­minya melalui program mitra binaan. Pere­kono­mian masyarakat di sekitar berputar dan terus tumbuh.

Gubernur Sum­bar Mah­yeldi An­sha­rullah ikut meng­apre­siasi kiprah PT Semen Padang. “Ke­be­radaan PT Semen Pa­dang selama ini di Sumbar su­dah dira­sa­kan man­faat­nya di­berbagai sektor, seperti eko­nomi, pendidikan, sosial bu­daya. Tidak hanya itu, Semen Padang juga sangat cepat tanggap ketika daerah di Sum­bar terjadi ben­cana,” kata Mah­yeldi.

Mantan Wako Padang ini menilai, jika komitmen pabrik semen ini memajukan eko­nomi masyarakat Sumbar, khusus­nya Padang terlihat dari ber­bagai program. Melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR), PT Semen Padang memajukan perputaran roda ekonomi di daerah.

Bukti nyata lain, PT Semen Padang mendukung pertum­buhan dan ke­ma­juan pelaku UMKM di 19 kabu­pa­ten/ko­ta. Tidak ha­nya mem­beri­kan mo­­dal usa­ha, PT Semen Pa­dang ikut andil mem­besarkan pe­laku UMKM de­ngan meli­batkan mereka dalam ber­ba­gai iven ber­skala nasional dan juga inter­nasional.

Dalam kemajuan dunia pendidikan PT Semen Padang telah terbukti banyak berkiprah, seperti memberikan bantuan melalui beasiswa kepada ri­buan siswa, mulai tingkat SD hingga Perguruan Tinggi. Beasiswa yang disalurkan merupakan bagian dari program pilar “Semen Padang Cerdas”, yaitu program bea­siswa berkelanjutan dari SD sampai per­guruan ting­gi yang disalurkan setiap semester un­tuk masya­ra­kat Kota Pa­dang dan ling­ku­ngan peru­sahaan.

Wako Padang, Hendri Sep­ta mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah memberikan du­kungan kepada Pemko Padang untuk program pemerintah, mulai dari berbagai sektor ekonomi, pen­didikan, bantuan tanggap ben­cana. Dan, di tengah pandemi yang sudah berlangsung sejak 2020, PT Semen Padang terus berkon­tribusi aktif.  Di awal pandemi Covid-19, PT Semen Padang membagikan ribuan masker masyarakat, pemberian ban­tuan chamber disinfektan untuk beberapa rumah sakit. Kemu­dian, bantuan alat cuci tangan untuk instansi peme­rintahan dan 10 pasar di Kota Pa­dang, serta menya­lur­kan ban­tuan sem­bako. ”Se­­ka­rang, PT Se­­men Pa­­­dang ju­ga ikut me­nyuk­­­ses­kan vaksi­nasi.Tentu kita ber­ha­rap PT Se­men Pa­dang te­rus ber­­kon­­tri­busi dan ber­­­sama-sa­ma ikut memajukan Ko­ta Pa­dang,” pungkas wako. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional