Menu

750 Hektare Hutan Disiapkan, Mandeh bakal Punya Destinasi Wisata Mangrove

  Dibaca : 134 kali
750 Hektare Hutan Disiapkan, Mandeh bakal Punya Destinasi Wisata Mangrove
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PESSEL, METRO – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup Pessel, berencana mengembangkan potensi hutan bakau sebagai lokasi wisata hutan mangrove.

Kawasan Wisata Terpadu ( KWT), Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan ada sekitar 750 hektar yang tersebar di kawasan KWT Mandeh. Dan, nantinya kawasan hutan bakau tersebut akan disulap menjadi kawasan wisata.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pessel Jumsu Trisno, melalui Kabid Pengelolaan Sampah Limbah D3 dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Darpius Indra, Jum’at (26/7) memebenarkan akan memanfaatkan potensi hutan bakau di Kawasan Wisata Terpadu ( KWT) Mandeh sebagai lokasi Wisata Hutan Bakau.

“ Potensi Hutan Bakau di KWT Mandeh cukup luas, ini yang nantinya kita kembangkan, “ ucap Darpius.

Dikatakan Darpius, untuk menjadikan wisata hutan bakau di KWT Mandeh, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan studi banding ke kampung Tengkalak, Desa Sukawarta, Perawang, Provinsi Jawa Barat, guna melihat pengelolaan dan penataan kawasan hutan bakau.

Dari hasil studi bunding teryata secara geografis wilayah pengelolaan wisata hutan bakau di daerah tersebut tidak jauh dengan wilayah di Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Ada, beberapa bibit bakau nantinya bisa dikembangkan, seperti bakau jenis api- api dan rigopuro.

“ Kelompok Gempita di daerah tiu cukup komit dalam mengembangkan hutan bakau,” tutur Kabid D3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pessel.

Lebih jauh Darpius menegaska, n jika Kawasan Hutan Bakau di KWT Mandeh cukup berpotensi dikembangkan sebagai lokasi wisata hutan bakau, untuk menjadikan kawasan WHB, Dinas Lingkungan Hidup siap jemput anggaran ke Provinsi dan Pusat.

Sementara itu, konsep wisata hutan bakau ini trek ( jalan) menuju lokasi kawasan WHB akan segera dipersiapkan.

Hal lain yang akan disiapkan Nya, seperti jembatan, kotek – kotek kayu, sarana dan prasarana akan dipersiapkan. Agar nantinya bisa mendukung pengembangan WHB di Kawasan KWT Mandeh, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Akhirnya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional