Close

738 Pelajar dan Mahasiswa Terima Beasiswa Semen Padang-UPZ

PENYERAHAN BEASISWA— Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri menyerahkan beasiswa kepada perwakilan mahasiswa dalam acara yang dilaksanakan di GSG PT Semen Padang, Selasa (26/10). Pada acara itu PT Semen Padang menyalurkan beasiswa kepada 738 pelajar, mahasiswa, dan atlet berprestasi.

INDARUNG, METRO–PT Semen Padang bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang, menyalurkan bantuan beasiswa berprestasi sebesar Rp467.850 kepada 738 pelajar, mahasiswa, dan atlet berprestasi, Selasa (26/10).

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang penyerahan beasiswa dihadiri Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Oktoweri, Kepala Unit CSR Rinold Thamrin, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Pa­dang Muhammad Arif, Ke­tua KAN Lubuk Kilangan Basri Datuk Rajo Usali, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang Syafrizal Said.

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri dalam sambutannya ber­harap agar pelajar dan ma­hasiswa yang menda­pat­kan beasiswa berprestasi ini dapat terus giat, se­mangat untuk belajar dan jangan menyerah, serta asah kemampuan dan te­ruslah berprestasi.

“Kepada penerima be­asiswa, manfaatkanlah da­na beasiswa berprestasi ini sebaik mungkin untuk ke­butuhan pendidikan. Tetap semangat, dan teruslah rajin belajar supaya terus berprestasi,” kata Yos­viandri.

Ia mengatakan, penya­luran beasiswa untuk pela­jar SD hingga Perguruan Tinggi itu, merupakan tang­gung jawab sosial perusa­haan dan juga wujud dari komitmen PT Semen Pa­dang untuk meningkatkan pendidikan yang terus ber­kesinambungan.

“Dalam penyaluran be­a­siswa ini, PT Semen Pa­dang juga bersinergi de­ngan UPZ Baznas Semen Padang, karena beasiswa berprestasi ini juga dise­rahkan kepada pelajar dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mam­pu,” ujarnya.

Kepala Unit CSR Semen Padang Rinold Tham­rin mengatakan, beasiswa berprestasi ini tidak hanya diserahkan kepada pelajar berprestasi dan kurang mampu, tapi juga kepada atlet binaan Forum Komu­nikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG) yang berprestasi.

“Ada 738 orang yang diberikan beasiswa. Rin­cian­nya, 664 pelajar dan mahasiswa di Kota Padang, 24 orang atlet berprestasi binaan FKKSPG dan 50 orang pelajar dan maha­sis­wa di Packing Plant PT Semen Padang di Dumai, Riau,” katanya.

Di Kota Padang, kata Rinold melanjutkan, sum­ber dana beasiswa ber­pres­tasi ini terbagi dua, yaitu PT Semen Padang dan dari UPZ Baznas Semen Padang. Dari PT Semen Padang, beasiswa ter­se­but disalurkan kepada 537 pelajar dan mahasis­wa. Kemudian dari UPZ, di­salurkan kepada 127 pe­lajar dan mahasiswa.

“Besaran beasiswa yang diterima oleh masing-masing pelajar dan maha­siswa ini pun berbeda-beda, tergantung tingkat sekolahnya. Untuk SD, ma­sing-masing mendapatkan Rp400 ribu, SMP Rp500 ribu, SMA Rp750 ribu dan per­guruan tinggi sebesar Rp1 juta,” ujarnya.

Ketua KAN Lubuk Kila­ngan Basri Dt Rajo Usali mengapresiasi PT Semen Padang yang terus kon­sisten menyalurkan bea­siswa berprestasi, meski­pun di tengah pandemi saat ini. Karena menu­rut­nya, beasiswa pendidi­kan ini selain memotivasi pe­nerima untuk giat belajar, dan tentunya beasiswa ini juga dapat meringankan orangtua atau wali murid penerima beasiswa.

“Meski pandemi, PT Semen Padang tetap me­nunjukkan kepeduliannya terhadap pendidikan. Saya sebagai Ketua KAN, salut dan bangga terhadap PT Semen Padang. Kepada para penerima beasiswa dan orangtua atau wali murid, mari dukung kita doakan agar PT Semen Padang ke depan semakin baik dan semakin berkem­bang, karena manfaat PT Semen Padang ini untuk kita bersama,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bi­dang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Pa­dang Syafrizal Said. Kata dia, tujuan PT Semen Pa­dang menyalurkan beasis­wa berprestasi ini sangat jelas, yaitu untuk memo­tivasi para pelajar dan mahasiswa agar terus ber­prestasi.

Untuk itu, ia berharap agar penerima beasiswa untuk terus konsentrasi dan fokus belajar, karena kon­sentrasi belajar dan fokus akan memberikan kehidu­pan yang lebih baik. “Saat ini, boleh kita di­anggap orang kurang mam­pu, tapi nanti kita akan keluar dari zona kurang mampu jika kita kon­sen­trasi dan fokus belajar,” katanya.

Gatri Handayana (22), salah seorang mahasiswi UNP yang menerima bea­sis­wa berprestasi dari PT Semen Padang mengaku senang dan bersyukur atas beasiswa tersebut, karena dana beasiswa ini selain untuk dapat memotivasi diri, juga bermanfaat untuk membiayai kebutuhan ku­liahnya.

“Alhamdulillah, saya bisa mempertahankan be­a­siswa dari PT Semen Pa­dang, karena beasiswa ini rutin saya dapatkan 2 kali setahun sejak saya masih kelas IV SD. Dan tentunya, beasiswa dari PT Semen Pa­dang ini bisa saya per­tahan­kan, karena berkat beasiswa inilah saya ter­pacu untuk berprestasi. Bahkan sejak SD sampai SMP, saya selalu masuk 10 besar di kelas dan waktu SMA, masuk 5 besar,” ka­tanya.

Aulia Maulina, salah seorang pelajar kelas VIII SMP Negeri 14 Padang, mengaku baru pertama kali mendapatkan beasis­wa dari PT Semen Padang. Dan tentunya, beasiswa ini sangat bermanfaat bagi dirinya, karena dapat me­ringankan beban orangtua dalam memenuhi kebu­tuhan sekolahnya.

“Ayah saya kerja kuli bangunan dan ibu tidak bekerja, hanya mengurus rumah tangga. Meski ini baru pertama kali saya raih, tentunya ke depan saya akan belajar lebih giat lagi, supaya beasiswa dari PT Semen Padang ini dapat saya pertahankan,” kata­nya. (ren/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top