Menu

71 Tim Ikuti KMHE 2018, UNP Targetkan Masuk 3 Besar

  Dibaca : 294 kali
71 Tim Ikuti KMHE 2018, UNP Targetkan Masuk 3 Besar
KMHE 2018— Rektor UNP, Ganefri bersama panitia foto bersama saat memberikan keterangan terkait kegiatan KMHE 2018 yang dibuka hari ini.

HAMKA, METRO – Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang (UNP) dibuka hari ini, Rabu (28/11). Sebanyak 71 mobil kreasi dari 45 perguruan tinggi se-Indonesia, akan unjuk kebolehannya yang telah melakukan inovasi-inovasi untuk menghasilkan mobil yang paling hemat energi.

Sebagai universitas yang menjadi tuan rumah pertama menjadi tempat diselenggarakannya kontes di luar pulau Jawa itu, UNP menjadikan momentum KMHE ini untuk membangun reputasi akademik. Terutama bagaimana mendorong mahasiswa khususnya di Fakultas Teknik untuk bisa melahirkan inovasi-inovasi baru.

Rektor UNP, Ganefri mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Kemenristek Pendidikan Tinggi yang sudah memilih dan mempercayakan UNP sebagai tempat diselenggarakannya iven berskala nasional ini dan mencatatkan sejarah UNP merupakan kampus pertama di luar pulau Jawa yang menjadi tuan rumah.

“UNP kampus pertama di luar Jawa yang menjadi tuan rumah, saya apresiasi tim. Terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kemenristekdikti yang sudah mempercayai UNP sebagai tuan rumah dalam kontes ini,” kata Ganefri saat jumpa pers, Selasa (27/11).

Ganefri mengatakan, melalui kontes ini, mahasiswa dapat menyalurkan inovasi mereka karena memang ajang ini dipersiapkan pemerintah untuk mengakomodir semua inovasi mahasiswa terutama dalam perkembangan teknologi otomotif. Karena dengan situasi dan kondisi saat ini, dengan keterbatasan sumber daya alam, tentu harus ada inovasi-inovasi baru. Hal itu untuk bisa bagaimana meringankan beban terhadap pemakaian energi.

“Dengan memakai energi sedikit tapi menghasilkan manfaat yang banyak, saya kira, UNP hadir. Kegiatan kontes ini pertama di luar Jawa dan saya mengapresiasi team yang datang dari 45 Perguruan Tinggi yang saya kira untuk datang ke Padang banyak perkorbanan tidak hanya soal finansial terutama jarak, ada dari Kalimatan, Surabaya-kan jauh,” ujarnya.

Hingga saat ini, Ganefri memastikan untuk kesemua tim yang diundang dan ikut berpartisipasi telah hadir dan bersiap untuk mengikuti kontes. Bagi UNP, katanya, ajang KMHE ini sebagi pelecut dalam ajang-ajang berikut.

“Ini luar biasa tentu kita memberikan layanan yang terbaik sehingga mereka betul-betul ajang ini adalah karya inovasi bagi mahasiswa. Target kedepan UNP tetap ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk mendorong inovasi mahasiswa,” tambah Genefri.

Ganefri menuturkan sebelumnya UNP belum pernah mengikuti kontes tersebut. Keikutsertaan sekarang sekaligus menjadi tuan rumah untuk melanjutkan keinginannya ketika menjadi dekan Fakultas Teknik dan akhirnya keinginan tersebut dapat terwujud.

“Sekarang UNP ikut dengan menurunkan 2 mobil, mungkin tahun depan bisa 4 mobil. Selain UNP tujuannya ini juga untuk Sumbar, supaya mahasiswa sangat inovatif dan kreatif,” ungkap Ganefri.

Sementara Wakil Ketua Pelaksana KMHE, Rifdarmon mengatakan, ajang ini terdiri berbagai kategori diantaranya, kelas Prototype, Urban Concept dengan jenis bahan bakar yaitu motor pembakaran gasoline, ethanol, diesel, dan motor listrik.

“Kontes ini ada regulasinya, seperti regulasi teknis berisikan prosedur perlombaan dan pasal-pasal yang menjadi acuan peserta dalam membuat kendaraan. Regulasi nonteknis tentang aturan perlombaan di dalam dan di luar lintasan,” katanya.

Rifdarmon menambahkan, untuk sirkuit KMHE memanfaatkan jalan di area kampus yang telah dirancang di antaranya mengelingi gedung Rektorat, Auditorium hingga di depan RSG FT UNP. Panjang lintasan sejauh satu kilometer dengan satu kali race sebanyak delapan putaran.

“Untuk 1 tim peserta berjumlah 8 orang. Meskipun UNP pertama kali ikut, kita menargetkan masuk pada 3 besar. UNP memiliki mobil unggulan pada kelas masing-masing. 71 tim memastikan ikut serta,” pungkas Rifdarmon. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional