Menu

707 Pengawas TPS di Pasaman Dilantik

  Dibaca : 72 kali
707 Pengawas TPS di Pasaman Dilantik
Ratusan pengawas TPS saat dilantik oleh Bawaslu Pasaman.

PASAMAN, METRO
Sebanyak 707 Pengawas TPS di Pasaman dilantik. Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita MA berharap, 707 pengawas TPS yang dilantik tersebut bisa menjalankan tugasnya dengan baik, menjaga integritas dan marwah lembaga demi terciptanya pemilihan yang berkualitas dan berintegritas.

“Kita berharap, mereka amanah dalam menjalankan tugas-tugasnya, agar tercipta pemilu yang bersih, berkualitas dan berintegritas,” kata Rini Selasa (17/12).

Setiap PTPS nantinya, kata dia, wajib menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara. “Maka dari itu kami minta para PTPS untuk menjalankan tugasnya sebagaimana diatur dalam perundang-undangan,” katanya.

Jumlah tersebut, kata Rini, telah sesuai dengan jumlah TPS yang ditetapkan oleh KPU Pasaman, yakni 707 TPS. Mereka akan ditugaskan ditiap TPS sejak dilantik hingga H+7 pemungutan suara atau 15 Desember mendatang.

“Tugas dan wewenang pengawas TPS ini tertuang di pasal 17 ayat 3 Undang-undang Nomor 10 tahun 2016. Yakni, mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara dan mengawasi penghitungan suara,” jelas dia.

Pihaknya mengingatkan kepada seluruh PTPS untuk tidak berafiliasi dengan pasangan calon (Paslon) Pilkada, baik Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Bupati dan Wakil Bupati serta tindakan yang menciderai integritasnya sebagai pengawas TPS.

“Jika memang nanti ada oknum PTPS yang terbukti melanggar ketentuan perundang-undangan, merusak integritas dan marwah lembaga Bawaslu, kita akan tindak tegas. Oknum tersebut langsung kita ganti (PAW),” tegas Rini. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional