Close

7 Bulan Bebas dari Penjara, Residivis kembali Jual Narkoba di Ke­camatan Tilatang Kamang

PENGEDAR GANJA— Tersangka S yang merupakan residivis kembali ditangkap jajaran Satrenarkoba Polres Bukittinggi gara-gara mengedarkan daun ganja kering.

BUKITTINGGI,METRO–Baru tujuh bulan bebas dari penjara, pria residivis ini kembali ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Pol­res Bukittinggi lantaran kedapatan membawa nar­kotika jenis daun ganja ke­ring di pinggir jalan depan kantor Jorong Patangahan, Nagari Koto Tangah, Ke­camatan Tilatang Kamang, Senin (25/10) sekitar pukul 22.00 WIB.

Ketika pelaku berinisial S (47) diciduk, petugas me­nemukan satu paket ganja terbungkus plastik hitam dan bening di belakang kantor pemuda. Selan­jutnya petugas melakukan pengembangan ke ke­dia­man tersangka S dan dite­mukanlah satu bungkus plastik warna hitam yang beirsi dua paket ganja.

Setelah barang bukti diamankan, pelaku selan­jutnya digiring ke Mapolres Bukittinggi. Kepada pe­tugas, pelaku mengakui kalau ganja itu merupakan miliknya yang mana satu paket sengaja ditaruh di belakang kantor pemuda, sebagai cara untuk ber­tran­saksi dengan pelang­gan­nya.

Kapolres Bukittinggi Akbp Dody Prawiranegara melalui  Kasatresnarkoba AKP Aleyxi Aubedillah me­nga­takan, penangkapan itu berawal dari adanya in­formasi masyarakat seki­tar yang curiga dengan ge­legat pelaku di lokasi. Pa­sal­nya, pelaku terlihat mon­dar-mandir seperti orang ingin bertransaksi nar­koba di depan kantor jo­rong tersebut.

“Takut berimas pada warga sekitar maka ma­syarakat langsung me­lapor­kan ke Polres. Men­dapat informasi itu, tim ke­mudian bergerak ke lokasi melakukan pengintaian dan langsung mengaman­kan pelaku yang dicurigai tersebut,” kata AKP Eleyxi, Selasa (26/10).

Dijelaskan AKP Aleyxi, usai diamankan, pihaknya melakukan pemeriksaan tubuh pelaku yang disak­si­kan oleh warga setempat. Hanya saja, di tubuh pelaku tidak ditemukan barang bukti. Saat itu, petugas menginterogasi dan men­desak pelaku, hingga dike­tahuilah kalau pelaku me­naruh satu paket ganja yang dipesan pelanggan­nya di belakang kantor pe­muda.

“Satu paket ganja kita di belakang kantor pe­muda. Dari keterangan pe­laku ini barang tersebut diakui sengaja diletakkan di sana. Setelah itu, kita lan­jut­kan penggeledahan di kediaman pelaku dan dite­mukan lagi dua paket gan­ja,” ungkap AKP Aleyxi.

AKP Aleyxi menu­tur­kan, pelaku S diketahui me­rupakan residivis kasus penyalahgunaan narkotika yang baru keluar dari pen­jara pada Maret 2021. Mes­ki sudah pernah dipenjara, hal itu ternyata tidak mem­buat pelaku S jera, tetapi malah kembali mengedar­kan narkoba.

“Kita masih terus kem­bangkan jaringannya. Pa­sal yang disangkakan ke­pada tersangka S adalah pasal 114 Jo Pasal 111 Un­dang-undang Nomor 35/2009 dengan ancaman hu­ku­man di atas lima tahun pen­jara,” pungkasnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top