Close

63 Kg Ganja Gagal Diedarkan di Sumbar, Satu Pelaku Ditangkap, Miliki Jaringan Lintas Provinsi

PENGEDAR GANJA— Pelaku MH (24) diamankan di Polres Solok Kota dengan barang bukti 63 Kg ganja.

SOLOKKOTA, METRO–Jajaran Polres Solok Kota berhasil mengga­galkan peredaran 63 Kg ganja setelah menangkap seorang pemuda saat mengendarai mobil pikap di jalan Lingkar Tabek Puji, Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Jumat (10/6).

Pelaku berinisial MH (24) warga Perumnas Batu Kubung, Jorong Simpang Sawah Baliak, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok tak sadar telah diintai Polisi. Setelah dipergoki, petugas yang melakuka penggeledahan mendapati sebuah berisi ganja kering siap edar.

“Hampir 63 kilogram ganja kering yang berhasil diungkap oleh Satres­nar­koba Polres Solok Kota. Ganja itu ditemukan di mobil pikap dan di pondok de­kat lokais penang­ka­pan,” kata Kabid Humas Pol­da Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, Ming­gu (12/6).

Dikatakan Kombes Pol Satake Bayu, penangkapan terhadap pelaku MH ini berawal dari informasi ma­syarakat bahwa di lo­kasi tersebut diduga sering ter­jadi transaksi narkoba. Se­lanjutnya, Tim Satresnar­koba Polres Solok Kota melakukan penyelidikan terkait informasi yang di­dapatkan tersebut.

“Setiba di lokasi, petu­gas menemukan pelaku yang gerak geriknya men­curigakan. Pelaku terlihat berdiri di samping mobil pikap dan diduga sedang me­nunggu orang yang akan menjemput barang. Saat itu juga, petugas menghampiri pelaku,” ungkap Kombes Pol Satake Bayu.

Hanya saja, ketika dita­nyai petugas, dikatakan Kombes Pol Satake Bayu, pelaku terlihat ketakutan dan gugup. Petugas kemu­dian melakukan penggele­dahan di mobil pikap yang dikemudikan pelaku hingga ditemukanlah sebuah ka­rung yang berisi ganja.

“Petugas mengecek isi karung dan ternyata beri­sikan 22 paket besar daun ganja kering yang dibalut dengan lakban warna cok­lat. Setelah ba­rang bukti itu ditemukan, petugas kemu­dian meng­interogasi pela­ku hingga pelaku me­ngaku kalau ada menyimpan gan­­ja di pon­dok dekat lo­kasi penang­kapan,” ujar Kombes Pol Satake Bayu.

Mendapat pengakuan itu, dijelaskan Kombes Pol Satake Bayu, petugas me­lakukan pemeriksaan ter­hadap pondok yang berada dilokasi yang berjarak lebih kurang 3 meter dan kem­bali menemukan tiga pa­ket ganja kering yang diba­lut dengan lakban coklat.

“Selain itu, petugas me­nemukan sebuah karung yang dibungkus dengan plastik hitam yang ber­i­sikan 21 paket ganja kering, sebuah karung yang bung­kus dengan plastik hitam yang berisikan 17 paket ganja kering yang dibalut dengan lakban coklat,” katanya.

Kombes Pol Satake Ba­yu menuturkan, dari hasil penangkapan itu, pihaknya juga mengamankan satu unit Hp dan satu unit mobil pikap yang dikendarai pe­laku sebagai barang bukti. Kini, pelaku sudah dia­mankan di Mapolres Solok Kota.

“Petugas masih me­lakukan pengembangan untuk mengungkap jari­ngannya. Kuat dugaan pe­laku ini memiliki jaringan lintas provinsi, karena gan­ja itu berasal dari luar Sumbar,” tutupnya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top