Menu

62,8 Ton Sampah Tiap Hari Dibuang ke Sungai dan TPS Liar, Sungai di Gang Sentosa Purus Dipasangi Perangkap

  Dibaca : 90 kali
62,8 Ton Sampah Tiap Hari Dibuang ke Sungai dan TPS Liar, Sungai di Gang Sentosa Purus Dipasangi Perangkap
SUNGAI SUDAH HITAM— Kondisi aliran sungai di gang Sentosa, Purus, Kecamatan Padang Barat yang dipenuhi lunau dan sudah hitam. Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang memasang perangkap sampah agar sampah tidak sampai ke laut.

PURUS, METRO–Banyak sekali sungai-sungai besar dan kecil di Kota Padang yang kumuh dan dipenuhi lunau bercampur sampah. Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, sebanyak 62,8 ton setiap harinya sampah dibuang oleh masyarakat ke sungai dan Tempat Pem­buangan Sampah (TPS) liar.

Fenomena ini ditemui petugas Dinas Ligkungan Hidup saat membersihkan sampah tiap hari di sungai. Sementara total sampah yang diangkut ke TPA tiap harinya adalah 450 ton per hari.

“Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Kita berharap ada perubahan perilaku dari masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai. Karena dampaknya sangat be­sar,” sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon, saat pemasangan perang­kap sampah pada sungai di kawasan Purus, Jumat (30/7).

Sungai di kawasan Ban­da Bakali, Gang Sentosa, Purus itu dalam kondisi air yang menghitam pekat, penuh lunau dan sampah.  Sungai yang berada di tengah pemukiman padat penduduk inipun juga me­nge­luarkan bau busuk, se­hingga menyajikan pe­man­dangan yang tak sehat.

Pemasangan perang­kap sampah ini diprakarsai oleh Pangea Movemnet, Bank Sampah Pancadaya, Walhi dan Komunitas Pe­muda Peduli Sampah. Ber­sama wali kota dan DLH Kota Padang mereka me­ma­sangi perangkap sam­pah di lokasi itu.

Mairizon meng­ung­kap­kan, perangkap sam­pah itu dipasang untuk meng­gan­jal agar sampah-sampah yang hanyut di sungai bisa diambil dengan mudah. Sehingga tidak semakin mencemari hilir sungai. Di sejumlah sungai lainnya, DLH juga telah memasangi kubus apung untuk me­nahan laku sampah.

Wali Kota Padang Hen­dri Septa berharap masya­rakat untuk sadar dan sa­ma-sama menjaga keber­sihan lingkungan su­ngai di tempat masing-ma­sing. “Ini tanggung jawab kita semua. Kita harus be­ru­saha menghilangkan ke­bia­saan membuang sam­pah ke sungai, karena dam­­paknya sangat buruk bagi kebersihan lingkungan kita,­” sebut Hendri Septa.

Ke depannya, kata dia, Pemko Padnag bertekad, semua sungai yang ada di Padang, bersih dan bebas sampah. Hal ini butuh du­kungan besar dari semua masyarakat Kota Padang. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional