Close

60 Negara di Dunia Ambruk Ekonominya Akibat Krisis

Perang Rusia Ukraina.Reuters

JAKARTA, METRO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, negara di dunia saat ini tengah mengalami krisis eko­nomi. Kepala negara me­nyebut, ada sekitar 60 ne­gara yang bakal mengalami keterpurukan ekonomi.

“Angka-angkanya saya diberi tahu, ngeri kita. Bank Dunia menyampaikan, IMF­ menyampaikan, UN PBB menyampaikan. Terakhir baru kemarin saya mendapatkan informasi 60 negara akan ambruk ekonominya, 42 dipastikan sudah menuju ke sana,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Rakernas PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6).

Menurut Jokowi, saat ini banyak negara di dunia dalam kondisi tidak normal. Sebagian negara di dunia mengalami krisis keuangan hingga krisis pangan. Tentu hal ini harus diwaspadai.

 “Begitu krisis keuangan masuk ke krisis pangan, masuk ke krisis energi, mengerikan. Saya kira, kita tahu semuanya sudah 1, 2, 3 negara mengalami itu,” katanya.

“Tidak punya cadangan devisa, tidak bisa beli BBM, tidak punya cadangaan devisa, tidak bisa beli pangan, tidak bisa impor pangan. Karena pangannya, energinya, impor semuanya,” papar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini tak memungkiri, dunia memang kerap dilanda krisis. Namun, krisis kali ini terbilang mengerikan, ka­rena datangnya bertubi-tubi.

“Krisis karena pande­mi, mau pulih kemudian ada perang. Kemudian ma­suk merembet kemana-mana seperti yang disampaikan Ibu Mega tadi. Masuk ke krisis pangan, masuk ke krisis energi, masuk ke krisis keuangan. Kalau kita semakin tahu, semakin ngeri,” pungkas Jo­kowi.(jpc_)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top