Menu

6 Rumah Hancur Diterjang Ombak di Pariaman

  Dibaca : 1245 kali
6 Rumah Hancur Diterjang Ombak di Pariaman
Artis ST dan MA menjalani pemeriksaan di Polsek Tanjung Priok.
1 foto rumah dasril diterjang abrasi pantai

Kondisi salah satu rumah warga yang rusak di bagian teras pascaditerjang ombak besar. Terjangan ombak yang berulangkali membuat abrasi tak terelakkan.

PARIAMAN, METRO–Setidaknya, enam unit rumah yang ada di Desa Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, kupak-kupak dihantam ombak besar, Senin (31/8) pagi. Selain merusakkan rumah, peristiwa ini membuat warga dicekam takut.

Pantauan POSMETRO, satu unit rumah penduduk telah habis bagian teras rumahnya, karena terjangan ombak. Lima unit lainnya, sebagian pondasi rumahnya telah mulai tergerus. Enam rumah tersebut merupakan milik Dasril Taher, Amril Tanjung, Aung, Lira, Emi dan Akirman.

”Abrasi pantai dalam satu hari tejadi dua kali. Saat itulah rumah saya diterjang gelombang laut,” ungkap salah satu korban.

Katanya, dirinya mengharapkan segera perhatian pihak terkait untuk mengatasi abrasi pantai ini. Di sekitar rumahnya telah terpasang batu grib, namun di pantai sekitar rumahnya belum ada pemasangan batu grib.

Dikatakan, saat ini bila abrasi datang ia bersama keluarga telah harap-harap cemas, karena gelombang laut masuk ke dalam rumah. Lihat saja, teras rumahnya telah diterjang gelombang dan sekarang telah porak poranda.

Apalagi sekarang, katanya, pemasangan batu krib yang dilaksanakan melalui dana APBN tidak sampai ke pantai di sekitar enam unit rumah ini. Jadi hempasan gelombang laut ini datang ke rumahnya. Padahal, dahulu laut sangat jauh dari rumahnya.

Wali Kota Pariaman Mukhlis R menyatakan, dana APBD Kota Pariaman tidak mencukupi untuk pemasangan batu krib ini. Sebelumnya, pemasangan batu krib yang telah terpasang memakai dana APBN melalui Provinsi Sumbar.

”Kita telah buat surat untuk proses pemasangan batu krib selanjutnya. Sebab, untuk penanganan abrasi ini satu-satunya hanya dengan memasang batu krib. Selain dari itu percuma kita lakukan,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional