Menu

6 Juli, Kloter 1 Masuk Asrama Haji

  Dibaca : 88 kali
6 Juli, Kloter 1 Masuk Asrama Haji
Ilustrasi

TABING, METRO – Sebanyak 388 Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Padang, 6 Juli ini mulai memasuki asrama. Pasalnya, 388 jamaah calon haji ini yang tergabung dalam kloter satu akan berangkat pada tanggal 7 Juli ke tanah suci.

Bahkan UPT Asrama Haji Embarkasi Haji Padang telah siap menyambut ribuan jamaah calon haji baik yang berasal dari Sumbar maupun dari Provinsi Bengkulu.

Informasi dari UPT Asrama Haji Embarkasi Haji Padang, jumlah jamaah calon haji Embarkasi Haji Padang tahun ini adalah 7.024 orang. Terdiri dari 5.022 jamaah calon haji asal Sumbar. 1.940 jamaah calon haji asal Provinsi Bengkulu serta 80 petugas kloter.

Kepala UPT Asrama Haji Padang, Ali Amran menjelaskan, calon jamaah haji mulai memasuki asrama pada Sabtu esok atau tanggal 6 Juli ini. Kemudian esok hari tanggal 7 Juli seluruh CJH yang tergabung dalam kloter satu akan berangkat menuju tanah suci.

“ Sabtu, 6 Juli, jamaah haji sudah mulai masuk asrama, dan akan berada di asrama selama kurang lebih 24 jam, kemudian baru diberangkatkan ke Arab Saudi,” kata Ali, Rabu (3/7).

Ali menyebut, kloter pertama yang akan berangkat pada 7 Juli ini adalah Embarkasi Padang pada pukul 07.30 WIB menuju Medinah dengan nomor penerbangan GA 3301. Diperkirakan tiba pukul 11.35 waktu setempat. Dia mengimbau, seluruh jamaah agar dapat mematuhi segala peraturan yang telah di tetapkan baik selama di asrama, maupun selama di penerbangan dan di tanah suci.

Hal senada juga dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag Sumbar), Hendri. Bahwa Embarkasi Padang akan memberangkatkan 18 kelompok terbang (kloter) ke Arab Saudi. 13 kloter jamaah dari Sumbar dengan jumlah 5.005 jamaah dan 5 kloter jamaah asal Provinsi Bengkulu sebanyak 1.940 orang.

“Satu kelompok terbang terdiri dari 388 jamaah haji dan lima petugas kloter,” kata Hendri.

Hendri menjelaskan, jamaah haji asal Bengkulu tahun ini tidak lagi menginap di asrama haji embarkasi Padang. Jamaah asal Bengkulu hanya transit di Bandara Internasional Minangkabau sebelum bertolak ke Madinah. Perubahan ini karena dampak dari keputusan Menteri agama RI nomor 142 tahun 2013 tentang penetapan Badara Tjilik Riwut Palangkaraya dan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu sebagai bandara embarkasi haji antara.

“Kloter pertama embarkasi Padang akan mulai masuk Asrama Haji pada Sabtu (6/7). Jamaah berangkat ke Madinah pada Ahad (7/7),” kata Hendri.

Hendri berharap, sebagai Kanwil Kemenag Sumbar sekaligus dari PPIH dapat memberikan pelayanan pelaksanaan ibadah haji kepada seluruh jamaah khususnya asal Sumbar. PPIH, kata dia, merupakan memiliki peranan penting untuk menentukan kesuksesan proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji ke tanah air.

“Kami bertekad melaksanakan amanah memberikan pelayanan sebaiknya kepada duyufurrahman yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini,” ujar Hendri. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional