Menu

6 dari 9 Pasien Positif Dinyatakan Sembuh

  Dibaca : 151 kali
6 dari 9 Pasien Positif Dinyatakan Sembuh
Dr H Novirman, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solsel 

KESEMBUHAN pasien positif Covid-19 di Solok Selatan (Solsel) terus bertambah. Kemarin, seorang kembali dinyatakan sembuh setelah hasil uji Swabnya dinyatakan negatif 2 kali berturut-turut, setelah sehari sebelumnya, “BM” (56) juga dinyatakan sembuh.

“Solsel kembali ada penambahan pasien Covid-19 yang sembuh, syukur Alhamdulillah, h penambahan 1 orang lagi yang dinyatakan sembuh yaitu “FZ” (33), Laki-Laki, Pekerjaan Swasta, warga Jorong Durian Tigo Capang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo,” ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Solsel,  Dr H Novirman,  Selasa (30/6).

Menurutnya, kepastian sembuh ini didapatkan melalui hasil uji swab yang dikeluarkan oleh RSUD Mohammad Natsir Kota Solok yang dikirimkan kemarn. RSUD M Natsir Solok semenjak 22 Mei 2020 kemarin secara resmi telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI serta Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar sebagai salah satu RSUD rujukan untuk pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan alat TCM.

Novirman merincikan, bahwa awalnya “Fz” ikut pada pengambilan sampel pool test secara massal pada Tanggal 20 Juni silam. Kemudian keluar hasil swabnya dan dinyatakan positif pada 24 Juni. “Fz” diisolasi di RSUD Solsel sejak dinyatakan positif tersebut.

Sesuai SOP, 7 hari sesudah pengambilan sampel yang dinyatakan positif tersebut (20 Juni), maka pada Tanggal 27 Juni kembali dilakukan pengambilan sampel yang bersangkutan. Hasilnya dinyatakan negatif. “Setelah diambil kembali sampel yang bersangkutan pada Tanggal 29 Juni, dan hasilnya juga kembali dinyatakan negatif,” ungkap Novirman.

Menurutnya, sesuai protokol kesehatan Covid, yang bersangkutan tetap diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan. Dengan demikian, total pasien positif Covid yang telah dinyatakan sembuh di Solsel berjumlah sebanyak 6 orang, dari 9 orang yang dinyatakan terpapar wabah tersebut. “Jangan lupa, mari terus kita berikan dukungan dan doa untuk 3 orang pasien positif kita yang masih menjalani isolasi, agar mereka juga mengikuti pasien yang telah dahulu sembuh,”sebut Novirman.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada. Secara kurva, penyebaran di Sumatera Barat khususnya memang terjadi penurunan jumlah kasus. Namun di Indonesia secara umum, wabah Covid tersebut belum menunjukkan adanya penurunan kasus positif baru. “Mari terus mengikuti protokol kesehatan untuk terhindar dari virus Covid-19, ikuti apa yang telah dianjurkan,” kata Novirman. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional