Close

54 Pelajar Pariaman Lulus Program Saga Saja di PT se-Indonesia

PROGRAM SAGA SAJA— Wako Pariaman Genius Umar saat di SMA 1 Pariaman terangkan program Saga Saja.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan sebanyak 54 orang pelajar asal Kota Pariaman dinyatakan lulus program Satu keluarga Satu Sarjana (Sa­ga Saja) diberbagai Perguruan Tinggi (PT) seluruh Indonesia.

“Kita sengaja mem­­berikan arahan dan motivasi kepada seluruh pelajar yang ada di Kota Pariaman terkait kelulusan pelajar pada program Saga Saja diberbagai Perguruan Tinggi ternama,” kata  Walikota Pariaman Genius Umar usai memberi ara­han dan motivasi kepada seluruh pelajar di SMA 1 Pa­riaman, kemarin.

Untuk tahap awal kata­nya, Pemko Pariaman memotivasi peserta didik di SMA 1 Pariaman dan memberikan semangat bahwa ekonomi lemah tidak menghambat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan sampai Perguruan Tinggi.  “Semua itu telah dibuktikan dengan lulusnya 3 (tiga) o­rang pelajar SMA 1 pariaman di Telkom University dan 2 (dua) orang lulus di Universitas Indonesia,” ung­kapnya.

Program saga saja me­rupakan program ungulan Pemerintah Kota Pariaman dibawah kepemimpinan Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mah­yuddin.

Tidak hanya itu, Pemko Pariaman juga mem­punyai program wajib belajar 12 tahun, termasuk bagi peserta didik yang bersekolah SMA/SMK di Kota Pariaman, biaya pendidikan akan ditangung oleh Pemko Pariaman karena SMA/SMK saat ini telah menjadi kewenangan Pro­vinsi Sumatera Barat.

“Untuk tahap pertama, ada 24 pelajar lulus di Politeknik ATI Padang, 1 orang lulus di Politeknik Negeri Padang (PNP), 8 orang di­nyatakan lulus di Telkom University, 2 orang lulus di Institut Pertanian Bogor (IPB), 10 orang lulus Universitas Indonesia (UI) dan 9 orang pelajar lulus di Unand,” terangnya.

“54 pelajar ini lulus program Saga Saja tahap pertama dan kita masih menunggu hasil dari kelulusan dari perguruan tinggi lainnya. Jadi kemungkinan jumlah akan bertambah lagi karena masih ada yang masih menunggu jadwal ujian. Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak SMA 1 Pariaman yang telah beri­nisiatif untuk membantu a­lumni SMA 1 pariaman yang lulus di UI karena kesulitan biaya untuk berangkat,” tambahnya.

“Kita berharap semua pelajar yang dinyatakan lulus akan menggunakan kesempatan ini dengan sebaiknya dan mampu nan­tinya mengangkat pe­rekonomian keluarga. Bagi peserta didik yang berminat bergabung di Program Sa­ga Saja setelah lulus SMA nanti, gunakan waktu yang ada dengan belajar bersungguh–sungguh dan raih cita–cita meskpun ekonomi keluarga menengah kebawah  karena program Saga Saja akan siap membantu,” tandasnya mengakhiri.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top