Menu

51 Admin OPD Ikuti Sosialisasi Aplikasi e-SPPD

  Dibaca : 274 kali
51 Admin OPD Ikuti Sosialisasi Aplikasi e-SPPD
51 Admin OPD Ikuti Sosialisasi Aplikasi e-SPPD

PARIAMAN, METRO
Sebanyak 51 admin masing-masing OPD dan UPT yang ada dilingkungan Pemerintahan Kota Pariaman mengikuti sosialisasi pasal-pasal tentang aplikasi e-SPPD pada rancangan perwako tentang perjalanan dinas tahun 2021 dan bimtek tata cara penggunaan aplikasi e-SPPD, yang dilaksanakan oleh Diskominfo Kota Pariaman Bidang e-Goverment selama satu hari.

Acara Bimtek dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan e-Government Yati Syerlina. Beliau sebutkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mensosialisasikan tentang “Rancangan Perwako Perjalanan Dinas Tahun 2021”, dimana dalam Perwako itu mengamanatkan agar semua OPD dan UPT menggunakan aplikasi e-SPPD ini untuk perjalanan dinas mereka.

“Dinas Kominfo Kota Pariaman telah mengembangkan aplikasi e-SPPD ini sejak tahun 2018, dan sudah dimanfaatkan sendiri oleh Dinas Kominfo dalam pengelolaan administrasi perjalanan dinas, baik perjalanan dinas dalam daerah maupun luar daerah,” ujar Yati Syerlina.

Kabid Penyelenggaraan e-Government ini mengatakan, dalam proses uji coba aplikasi yang sudah dilakukan Dinas Kominfo, aplikasi e-SPPD sudah berjalan secara baik dan optimal sehingga dapat diimplimetasikan untuk seluruh ASN Pemko.

Sementara itu, Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Aplikasi Devi Hariandi jelaskan, aplikasi e-SPPD bisa memudahkan ASN dan Non ASN dalam membuat administrasi perjalanan dinas, mulai dari pengajuan telaah staf, SPT, SPPD dan kuitansi perjalanan dinas.

Mengeliminasi perjalanan dinas ganda, memudahkan kepala OPD/UPT dalam memantau, mengelola dan mengontrol perjalanan dinas di lingkungan OPD/UPT, mempercepat proses administrasi perjalanan dinas, Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perjalanan dinas, memudahkan pimpinan dalam mengambil kebijakan terkait perjalanan dinas.

“Adapun fitur-fitur yang ada di aplikasi e-SPPD, mulai dari pengajuan telaah staf, pembuatan SPT e-SPPD, kuitansi dinas dan laporan perjalanan dinas. Jadi setiap ASN yang melakukan perjalanan dinas luar daerah dan provinsi, wajib melaporkan perjalanan dinas melalui aplikasi. Yang tidak melaporkan tidak dapat mengajukan untuk perjalanan dinas berikutnya,” ungkapnya.

“Semoga seluruh admin OPD dan UPT mengikuti bimtek ini sebaik-baiknya, sehingga proses pengelolaan aplikasi e-SPPD dapat dioptimalkan. Karena ini adalah suatu keharusan bagi masing-masing OPDdan UPT untuk menjalankan aplikasi e-SPPD ini, karena ini adalah tuntutan untuk tahun 2021,” pungkasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional