Close

500 LKPD Raih Opini WTP, Padangpanjang Sudah Enam Kali Berturut-turut

Dari 542 Laporan Ke­uangan Pemerintah Dae­rah (LKPD) pada 2021, 500 di antaranya memperoleh opini Wajar Tanpa Penge­cualian (WTP) atau sebanyak 92,3 persen LKPD. Khusus Kota Padangpanjang opini WTP sudah diraih enam kali berturut-turut.

“Apabila dibandingkan dengan tahun anggaran 2020, keberhasilan Pemda yang memperoleh WTP atas LKPD-nya meningkat sebesar 2,6 persen. Saya sangat mengapresiasi dengan semakin me­ning­katnya jumlah kementerian, lembaga serta peme­rintah daerah yang berhasil mendapatkan opini tertinggi dari Badan Peme­riksa Keuangan (BPK) RI ini yaitu opini WTP,” sebut Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani.

Pernyataan Sri Mul­yani itu, disampaikannya dalam Rapat Kerja Nasio­nal Akuntansi dan Pelaporan Keuangan 2022 secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan tatap muka di Aula Dhanapala Jakarta, Kamis (22/9) yang digelar Kementerian Ke­uangan melalui Direkto­rat Jenderal Perbendaharaan (DJBP).

Dari Padangpanjang, rakernas diikuti Wakil Wali Kota, Drs. Asrul secara daring di ruang VIP Balai Kota. Turut mendampingi Asisten III Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si, Kepala Inspektorat, Dr. Syahril, M.H, Kepala BPKD, Dr. Winarno, M.E dan pejabat terkait.

Selain LKPD, Laporan Keuangan Pemerintah Pu­sat (LKPP), kata Sri, tahun ini juga meraih opini WTP untuk Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKPP/LKBUN).

“Pencapaian ini di­du­kung dengan semakin me­ningkatnya kualitas dari laporan keuangan kementerian dan lembaga audi­ted tahun 2021. Yang di­tandai dengan meningkatnya jumlah opini WTP dari Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) dari tahun sebelumnya,” kata Sri.

Ia juga berharap dalam suasana extra ordinary ini, tidak hanya bisa mengatasi dan melewati namun juga belajar secara baik atas langkah-langkah yang akan dilakukan.

“Semoga rakernas dan talk show ini tetap bisa memberikan kualitas saling belajar, saling memperkuat dan bersinergi antara kita semua. Keberhasilan dari kita semua dalam penanggulangan keuangan negara untuk menjaga ini dari ancaman Covid-19 dan pemulihan ekonomi, sehingga Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih ku­at,” ucapnya.

Sementara Wakil Ke­tua Asrul mengapresiasi kerja sama, sinergi antara eksekutif dan legislatif guna mewujudkan anggaran yang baik, akuntabel dan transparan di Kota Padangpanjang.

 “Semua berkat kerja sama yang baik antara badan legislatif dan eksekutif dalam perenca­naan dan pembiayaan daerah. Semoga untuk pelaporan keuangan ta­hun 2022 nanti, kita juga bisa kembali mendapatkan opini WTP,”harapnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top