Menu

50 Persen Kantor Lurah sudah Direvitalisasi

  Dibaca : 99 kali
50 Persen Kantor Lurah sudah Direvitalisasi
Tri Hadyanto, Kepala Dinas PRKPP Padang

SUDIRMAN, METRO
Dinas Pemukiman Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kota Padang terus berupaya melaksanakan revitalisasi kantor-kantor lurah. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Khusus tahun 2020 ini, telah ada lima kantor lurah yang dilakukan perbaikan. Bahkan sebelum akhir tahun, dua kantor lurah sudah diresmikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah baru-baru ini.

Kepala Dinas PRKPP Padang Tri Hadyanto didampingi Sekretaris Rusdi mengatakan, perbaikan kantor lurah merupakan program Pemko Padang yang sudah dilaksanakan sejak 2013 lalu. “Hingga saat ini sudah 50 persen perbaikan kantor lurah terlaksana, dari 104 kelurahan di Kota Padang. Perbaikan dicicil setiap tahunnya, karena anggaran Pemko yang terbatas,” katanya, Selasa (2/9).

Tri menambahkan, khusus tahun ini perbaikan kantor lurah dilaksanakan di Kelurahan Alai Parak Kopi, Kelurahan Parak Gadang Timur, Kelurahan Lambung Bukit. Dua diantaranya sudah selesai dibangun dan sudah diresmikan oleh Walikota, yaitu Kantor Lurah Ganting Parak Gadang dan Kantor Lurah Kampung Baru.

“Sebenarnya ada satu lagi rencana perbaikan, yakni kantor Camat Padang Barat. Tapi karena anggaran direfocussing, maka pembangunan ditunda,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, metode pembangunan kantor ini bermacam-macam, sesuai dengan kondisi lokasi eksisting dan ketersediaan lahan. Jika lokasi kantor lurah berada di pinggir pantai, maka dibangun berlantai dua dilengkapi dengan shelter di atasnya.

Namun apabila kantor lurah lahannya sempit sebutnya, maka juga dibuat bertingkat. Namun apabila lahan eksisting luas, cukup buat lantai satu saja. Bisa juga kantor lurah dibangun baru di lahan yang baru, sepanjang lahannya tersedia dan punya aset milik Pemko.

“Tujuan kita membangun, tentu meningkatkan pelayanan. Kalau punya kantor representatif, masyarakat tentu semakin enak dilayani. Kita bangun infrastruktur kantor saja, mobilernya disediakan lurah setempat,” tandasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional