Close

50 Orang Peserta Ikuti Pelatihan Kewirausahaan di Kota Sawahlunto

ARAHAN—Narasumber Dedi Vitra Johor saat berikan arahan kepada para pserta.,

SAWAHLUNTO, METRO–Pelatihan Kewirausahaan diikuti 50 peserta dari berbagai bidang usaha, seperti kuliner, peternakan, peetanian dan bebe­rapa usaha lainnya. Menurut panitia Pelatihan Ke­wirausahaan tersebut di­gelar oleh Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat. Tujuan Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru di Kota Sawahlunto, mulai 2 – 5 Agustus 2022 bertempat di aula Hotel Khaz Ombilin Heritage.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan motivasi pemuda, terjun ke dunia wirausaha serta mengembangkan kemampuan serta mewujudkan pelaku ekonomi kreatif, sehingga kedepan mudah untuk memasarkan produknya.

Memasuki hari ke dua pelatihan tersebut, Disperindag Sumbar menghadirkan narasumber De­di Vitra Johor, yang merupakan pengusaha sukses sekaligus motivator bisnis.

Menurut Dedi, keha­dirannya sebagai narasumber adalah untuk mem­bangkitkan dan mendo­rong tumbuh kembang­nya wirausaha baru di kota Sawahlunto serta membuka mindset para usaha­wan pemula sehingga dapat memahami. “Salahsatu kendala di dunia usaha adalah ada di mindset atau cara berfikir, sehingga mereka siap meng­hadapi tantangan dalam menjalankan usahanya,” terang pengusaha property ini.

Selama ini, lanjut Dedi, kita tahu bahwa pelaku usaha mengalami ke­ga­galan bukan karena tidak memiliki cukup modal atau produknya tidak bagus, akan tetapi lebih kepada mindset saat mengalami kegagalan. Sehingga se­telah. mengikuti pelatihan ini, kedepan peserta diharapkan mampu bangkit jika mengalami kegagalan.

“ Nah, ini menjadi tugas saya untuk bagaimana mendorong mereka para pelaku usaha pemula menjadi champion-cham­pion lokal yang memiliki ilmu, cara dan strategi menjadi pelaku usaha,” paparnya

Dalam menjalankan bisnis, sebut Dedi, kegagalan itu hal yang biasa. Tetapi yang menjadi tidak biasa adalah ketika me­ngalami kegagalan tidak pernah bangkit lagi.

“Nah, paradigma berpikir seperti ini yang harus kita rubah. kemudian kita akan membantu untuk mengetahui produk pro­duk apa yamg cocok de­ngan talent mereka. Selain itu juga terkait bakat dan minat mereka. Sebab, ba­kat dan minat mereka itu sangat menentukan keberhasilan dalam melakoni usaha,” imbuhnya.

Sementara itu, Anton, salah seorang peserta pelatihan yang sehari harinya melakoni usaha peternakan unggas me­ngaku senang bisa me­ngikuti pelatihan tersebut.

Menurut Anton, pelatihan ini sangat berguna untuk menambah wawa­san dan pengetahuan da­lam. menjalankan usahanya. “Alhamdulillah saya bersyukur dapat diikutsertakan dalam pelatihan ini, yang dapat menambah ilmu untuk. menjalankan roda usaha,” sebutnya.

Selain itu, imbuh Anton, dalam penyampaian materinya, pak Dedi juga asik. Gampang dimengerti dan tidak membosankan. “Kita tetap semangat, dan pematerinya tidak bikin ngantuk,” pung­kas­nya. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top