Close

50 Kuda se-Indonesia Adu Kencang di Payakumbuh

RAPAT—Ketua Harian Pordasi dan Sekretaris saat melakukan rapat pada 11 September 2022 lalu.

KUBUGADANG, METRO–Sebanyak 50 ekor Ku­da dari berbagai provinsi di Indonesia bakal berpacu di gelanggang pa­cuan kuda Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, dalam ivent “Payakumbuh Open Race Walikota Cup 2022” itu, 18 Minggu 2022 mendatang.  Ketua Harian Pordasi Kota Payakumbuh Paulo Rossi, Sekretaris Dr. Dasril S.Pd., M.Pd., bersama panitia pelaksana su­dah melakukan Barier Drawing untuk menentukan Line Up Race yang akan diturunkan. Kemudian juga melakukan pe­ngukuran tinggi kuda dan pengecekan gigi untuk menentukan kelas pacuan yang akan diikuti kuda.

Ada 7 race tampil di Payakumbuh Open Race walikota cup 2022 yang terdiri dari 34 ekor kuda yang berasal dari Provinsi Riau 5 kuda, Jawa Barat 1 kuda, Sumatera Utara 1 kuda dan Kalimantan Barat 1 kuda serta sisanya kuda dari kontingen Pordasi se Sumbar. Di samping itu juga ada 2 race Boegie serta 1 race lokal yang akan diikuti sekitar 15 kuda.

Dari race 1 dimulai kelas CD Pemula Perdana 2 tahun 600 m dengan total hadiah Rp.10 juta dikuti oleh kuda Guti Spirit, Putra Tasia  dan Pinces Mey-Mey. Race 2 Kelas E Pertama Berpacu menempuh jarak 600 m dengan total hadiah Rp.8 juta akan berpacu 4 ekor kuda yakni: Rivandro, Liontin, Bless Tombak, dan Permata Rokan.

Race 3 Kelas 3 Tahun Pertama Berpacu jarak 1000 m dengan total hadiah Rp. 10 juta tergabung 6 ekor kuda: Mentari Nagari, Quen Rivada, Kenzo Am­dy, Quwwata Laila, Putra Azam dan Peru Junior.  Race 4 Kelas CD 3 tahun Calon Remaja 1000 m de­ngan total hadiah Rp. 17.­500 ribu bertanding 4 ekor kuda yakni: King Parlap, As Shahab, Vanessa Dupont dan Sukma Agogo. Race 5 Kelas AB 3 tahun Calon Derby Divisi II jarak 1200 m memperebutkan total hadiah 15 juta. Diikuti oleh 6 ekor kuda yakni: Alhadid Manania, Aero Dupont, Aldebaran, Vicennzo, Cahaya Tanpa Nama, dan Princes Dentist.

Pada Race 6 Kelas AB 3 tahun Calon Derby Divisi I jarak 1200 m dengan total hadiah 25 juta  race terbanyak akan tampil 7 ekor kuda yakni: Silver Kandih, Simracle, Talago Queen, King Osaka 347 X Malsipa, Allena Quen, Rajo Sanano dan Nilam Bukati.  Race 7 sebagai penutup  Kelas C Terbuka jarak 1200 m total hadiah Rp. 12 juta tergabung 4 ekor kuda yakni: Berlian Arafah, Sangkep Nggelum, Stoner & Gadih Situjuah. Total hadiah yang disediakan panitia adalah Rp. 117 juta yang bersumber dari para donatur dan sponsor.

Barier Drawwing dipimpin oleh Dewan Stewart Maidison dihadiri oleh Ke­tua Harian Pengrov Pordasi Sumbar yang juga ke­tua harian Pordasi Kota Payakumbuh Paulo Rossi, Sekretaris panpel Dr. Dasril S.Pd.M.Pd Komisi Pa­cuan dan semua pimpinan Kontingen dari Pemgurus Pordasi se Sumbar dan Pordasi Sumut, Pordasi Kalimantan Barat, Pordasi Riau dan Pordasi Jawa Barat. Hadir juga para joki, croom dan pemilik kuda.

Menurut panitia Pa­cuan kuda Payakumbuh Open Race Walikota Cup 2022 ini adalah kado per­pisahan buat Walikota Payakumbuh H. Riza Fa­lepi ST. MT yang akan mengakhiri masa tugas sebagai walikota setelah 10 tahun mengabdikan diri di Kota Payakumbuh seba­gai walikota serta juga aktif dalam kepengurusan Pordasi Kota Payakumbuh sebagai Ketua Umum sam­pai sekarang.
Ser­ta Wakil Walikota H. Erwin Yunaz SE, MM yang telah bersama Riza Falepi memimpin Payakumbuh 5 tahun terakhir. “Para pe­nonton dapat menonton lansung ke lapangan asal mematuhi protokol kesehatan, tidak masuk kelintasan pacuan atau kete­ngah lapangan tempat kuda-kuda menunggu giliran berpacu dan dapat juga menonton secara live di TV swasta Denai TV dan Live di Youtube Denai,” kata Dasril kepada media. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top