Menu

5 Pemain Barca Hancurkan Liverpool

  Dibaca : 170 kali
5 Pemain Barca Hancurkan Liverpool

Barcelona mampu menundukkan Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions. El Barca menang tiga gol tanpa balas atas The Reds.

Barcelona menerima kunjungan Liverpool di Stadion Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Mereka meraih kemenangan lewat satu gol Luis Suarez dan dua gol Lionel Messi.

Liverpool sejatinya mendapat banyak peluang untuk mencetak gol dalam pertandingan. Sayangnya, penyelesaian akhir mereka cukup buruk sehingga harus pulang ke Inggris dengan tangan hampa.

Ernesto Valverde tentu saja bakal senang dengan hasil tersebut. Kemenangan telak atas Liverpool itu membawa Barca meletakkan satu kaki di final.

Sebaliknya, hasil tersebut menyulitkan langkah Liverpool melaju ke final. Mereka harus menang paling tidak 4-0 di pertemuan kedua untuk melangkah ke partai puncak.

Kesuksesan yang diraih Barcelona itu tidak terlepas dari penampilan impresif para pemainnya. Mereka bermain bagus sehingga bisa mengantarkan timnya meraih kemenangan.

Berikut ini lima pemain yang berhasil mengantarkan Barcelona meraih kemenangan atas Liverpool seperti dilansir Sportskeeda.

1. Ivan Rakitic
Pemain asal Kroasia itu sudah menjadi bagian penting dari lini tengah Barcelona musim ini. Rakitic menyediakan kombinasi yang tepat antara baja dan ketenangan di lini tengah yang membuat mesin raksasa Catalan tetap berjalan. Karena itu, sudah sepantasnya dia terpilih di lini tengah melawan Liverpool.

Rakitic bermain hampir 90 menit tanpa cacat dan dengan tenang memastikan gelandang Liverpool tidak pernah punya kendali atas permainan. Pemain Kroasia itu membantu Sergio Busquets dengan pekerjaan kotor, tetapi ketika menguasai bola, dia juga mencoba mengirimkan bola panjang yang membelah pertahanan lawan. Dia bahkan punya peluang untuk mencetak gol di awal pertandingan, tetapi dia memilih untuk mengoper bola ke pemain lain.

2. Jordi Alba
Bek kiri Spanyol itu adalah salah satu pemain terbaik di posisinya saat ini. Namun, melawan Liverpool, Jordi Alba menghadapi ujian besar. Dia harus mengadu akalnya melawan Mohamed Salah yang sangat fenomenal bagi Liverpool. Pemain Mesir itu saat ini adalah pencetak gol terbanyak Premier League, jadi Alba dituntut untuk bekerja keras.

Namun, Alba mampu menangani Salah dengan mudah. Meski pemain Mesir itu bisa melepaskan diri dalam beberapa kesempatan, ia tidak bisa memberikan dampak yang besar di babak pertama. Ini karena Alba jarang mengizinkan Salah untuk berkembang. Tetapi pemain Spanyol itu tidak puas dengan hanya membuat Salah diam, ia secara reguler bergerak maju dan menyebabkan banyak masalah di lini depan. Dan pada menit ke-26, Alba membuat dampak yang mengubah jalannya pertandingan.

Mendapat bola dari Philippe Coutinho dari sisi kiri, Alba mengirimkan umpan silang mendatar kepada Luis Suarez yang merangsek ke dalam kotak penalti Liverpool. Suarez pun dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang Liverpool sehingga membuka skor untuk Barca.

3. Arturo Vidal
Pemain Chili itu secara mengejutkan menjadi starter. Arthur tampil untuk Barcelona di lini tengah dan berhasil menjauhkan Vidal dari starting eleven. Namun, Valverde memutuskan menurunkan Vidal melawan Liverpool dan itu terlihat seperti keputusan yang sangat bagus.

Vidal ganas di lapangan, bertarung untuk mendapatkan bola dan tidak membiarkan lini tengah Liverpool mendapatkan ruang. Pemain Liverpool tidak bisa mengimbangi permainan Vidal. Pemain Chile itu juga sama efektifnya ketika menyerang. Setiap kali Barcelona kehilangan bola, ia turun ke belakang untuk membantu bertahan, dan memastikan tim tuan rumah tidak pernah keluar dari posisinya.

Dengan bola di kakinya, Vidal sangat menentukan, mendikte tempo yang cocok dengan Barcelona dan memainkan bola panjang untuk menyiksa Liverpool. Bahkan, berawal dari umpan silangnya ke Philippe Coutinho, Barcelona bisa menciptakan gol pertama.

4. Luis Suarez
Luis Suarez ingin membuktikan dirinya saat bertemu mantan klubnya Liverpool. Suarez sudah meraih kesuksesan besar di Camp Nou sejak meninggalkan Anfield dan memenangkan banyak trofi. Dengan demikian, ia punya kesempatan untuk menunjukkan kepada mantan timnya apa yang mereka lewatkan.

Suarez memulai pertandingan dengan baik, membuat pergerakan yang cerdas dan mengambil posisi yang bagus di sepertiga akhir. Pemahamannya dengan Messi cemerlang seperti biasanya, dan pemain Uruguay itu mendapat kebebasan yang lebih banyak di lapangan karena para pemain Liverpool terlalu fokus kepada Lionel Messi. Dan di sinilah Suarez menghukum tim tamu.

Ketika Alba mengirim umpan silang mendatar, Suarez merangsek ke kotak penalti. Lolos dari pengawalan Joel Matip, bomber Uruguay itu dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang Liverpool yang dijaga Alisson untuk mencetak gol pembuka.

5. Lionel Messi
Sebelum bertemu dengan Liverpool, Lionel Messi sudah mencetak 46 gol dari 45 pertandingan musim ini. Jurgen Klopp punya tugas berat untuk menghentikan kapten Barcelona itu untuk mencetak gol ke gawang mereka. Dan manajer Jerman itu menyuruh timnya mengawal ketat Messi setiap kali pemain Argentina itu mendapat bola. Messi terus diburu sepanjang pertandingan, tetapi jika Liverpool berpikir kalau taktik mereka itu berhasil maka mereka salah.

Messi terus mendikte permainan dari posisi yang lebih dalam. Dia mengirim bola yang indah dalam beberapa kesempatan kepada Suarez dan Vidal untuk menambah keunggulan. Ketika rekan-rekannya itu gagal mencetak gol, pemain Argentina itu akhirnya melakukannya sendiri.

Ketika tembakan Suarez membentur mistar pada menit ke-75, kapten Barcelona itu adalah orang yang pertama bereaksi. Tak ada satu pun dari pemain belakang Liverpool yang mengantisipasi pergerakannya dan Messi merebut bola muntah dengan cepat. Dia tetap tenang dan menceloskan bola ke gawang yang kosong.

Magis Messi tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Pada menit ke-82, Messi menjadi algojo tendangan bebas. Ia mengeksekusinya dengan sempurna sehingga membuat Barcelona unggul 3-0 atas Liverpool. Messi bermain sangat gemilang saat Barcelona mengalahkan Liverpool. (*/ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional