Menu

5 Pasangan Cakada Sijunjung Berebut Suara 156.114 Pemilih

  Dibaca : 186 kali
5 Pasangan Cakada Sijunjung Berebut Suara 156.114 Pemilih
PENETAPAN NOMOR URUT— Lima pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung memperlihatkan masing-masing nomor urut yang akan dipilih masyarakat pada Pilkada Sijunjung 2020 mendatang, usai Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, kamis (24/9).

SIJUNJUNG, METRO
Lima pasang calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Sijunjung melakukan pengambilan nomor urut sebagai peserta Pilkada Sijunjung tahun 2020. Tahapan yang digelar KPU Sijunjung itu digelar di Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung, Kamis (24/9). Nomor urut tersebut yang nantinya menjadi identitas pasangan calon hingga pemilihan 9 Desember nanti.

Pengundian nomor urut digelar pada rapat pleno terbuka oleh KPU Sijunjung. Dihadiri Bawaslu, Bupati, Ketua DPRD, unsur Forkopimda serta pengurus partai pengusung dan pendukung. KPU sebelumnya sudah membatasi bahwa pasangan calon dilarang untuk menghadirkan massa pendukung, relawan maupun simpatisan pada kegiatan itu, untuk menerapkan aturan protokol kesehatan.

Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah menyampaikan, pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19 ibarat buah simalakama. “Disisi lain, ini pergelaran pesta demokrasi kita. Memiliki serangkaian tahapan kegiatan. Namun, dikarenakan wabah pandemi Covid-19 saat ini menghadirkan sejumlah kebijakan dan aturan baru untuk menyesuaikan. Jadi ibarat buah simalakama,” tutur Lindo.

Dikatakan, setiap tahapan dan proses Pilkada harus selalu mempertimbangkan segala hal. “Meski demikian kita tetap berupaya untuk mengimbanginya. Tahapan berlangsung dengan lancar, dan aturan mentaati prokes tidak kita langgar,” sebutnya.

Sedangkan lima pasang calon Bupati dan Wakil Bupati berdasarkan nomor urutan yang didapat diantaranya, nomor urut 1 untuk pasangan Ashelfine dan Sarikal. Didukung oleh partai politik PAN, Demokrat dan PDIP dengan jumlah 8 kursi di DPRD Sijunjung. Nomor urut 2 untuk pasangan Endre Saifoel dan Nasrul Cun, maju lewat jalur perseorangan atau non parpol.

Pasangan Benny Dwifa Yuswir dan Iraddatillah memperoleh nomor urut 3. Calon Bupati Sijunjung termuda ini didukung oleh koalisi partai Nasdem, PPP, Golkar dan PBB dengan total 10 kursi di DPRD Sijunjung.

Untuk nomor urut 4 diperoleh pasangan Arrival Boy dan Mendro Suarman, diusung Partai Gerindra dan Perindo serta memiliki 7 kursi di DPRD. Nomor urut 5 untuk pasangan Hendri Susanto dan Indra Gunalan dari koalisi PKS dan PKB dengan jumlah 6 kursi.

Lima pasang calon itulah nantinya yang akan memperebutkan suara masyarakat Sijunjung yang berjumlah 156.114 pemilih yang tersebar di delapan kecamatan yang ada. Selain mengambil nomor urut, seluruh pasangan calon tersebut mendeklarasikan bahwa akan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada setiap tahapan Pilkada Sijunjung. Dibuktikan dengan pembacaan deklarasi serentak dan penandatanganan pakta integritas.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sijunjung, Agus Hutrial Tatul saat memberikan sambutan mengimbau agar setiap pasangan calon mematuhi aturan dan ketentuan yang ada pada setiap proses Pilkada. “Saya telah mewakafkan diri untuk mensukseskan Pilkada ini. Tegur saya jika nanti ada kesalahan dalam menjalankan amanah ini. Silahkan adukan saya ketingkat yang lebih tinggi jika ditemukan hal yang tidak seharusnya,” ungkap Ketua Bawaslu Sijunjung saat kegiatan berlangsung.

Begitupun sebaliknya, Tatul menegaskan akan menindak bagi setiap pihak yang melanggar aturan Pilkada. “Begitu juga sebaliknya, saya akan menindak tegas bagi pihak-pihak yang melanggar aturan. Jika pun itu sampai pada tindak pidana nantinya. Tangan mencincang bahu memikul, akan saya terapkan,” tegas Ketua Bawaslu Sijunjung.

“Mari kita sukseskan Pilkada ini bersama. Saling menjaga dan mentaati aturan yang ada.  Kami di Bawaslu akan selalu berkordinasi dengan pihak Gakkumdu, Jurnalis dan anggota pengawas yang ada hingga ditingkat nagari. Siapa pun yang melanggar akan kita tindak sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Tatul. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional