Close

466 KK Dapat Bantuan Penyambungan Listrik Tanpa Biaya

466 kepala keluarga (KK) kurang mampu mendapat bantuan penyambungan listrik tanpa biaya melalui program Light Up The Dream, yang juga merupakan program donasi karyawan PT PLN (Persero) se-Indonesia.

WAHIDIN, METRO–Sebanyak 466 kepala keluarga (KK) kurang mam­pu telah mendapat bantuan penyambungan listrik tanpa biaya melalui program Light Up The Dre­am, yang merupakan program donasi karyawan PT PLN (Persero) se-Indonesia. 

Bantuan penyambungan listrik ini dilakukan secara serentak pada 28 Oktober 2021 di 76 titik lokasi seluruh Indonesia bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-76, mulai dari Binjai, Lahat, Dumai, Tanjung Karang, Singkawang, Ketapang, Berau, Pasuruan, Kotamobagu, Masohi, Demak, Yogyakarta, Klaten, Surakarta, Makassar, Bone, Parepare, Palopo, Bulukumba, Mamuju, Kendari, Bau-Bau, Tahuna, sampai Sorong dan Wamena.

Program Light Up The Dream adalah program bantuan penyambungan listrik tanpa biaya hasil dari donasi yang dilakukan oleh pegawai PLN dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam men­­dapatkan listrik, terutama pada saat pandemi. Sejak program ini digulirkan pada 2020 hingga Oktober 2021, sebanyak 1.628 keluarga telah menikmati listrik berkat donasi insan PLN.

Seorang penerima ban­tuan pemasangan listrik gratis program Light Up The Dream, di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Ba­rat Ame Sesa mengaku sangat bersyukur dan ber­terima kasih kepada PLN de­ngan adanya bantuan pe­masangan listrik gratis ini.

“Saya senang mendapat bantuan listrik gratis, ini salah satu mimpi kami. Terima kasih pegawai PLN sudah menghadirkan listrik untuk kami,” katanya

Senada, warga Kelurahan Garontang Kota Bandar Lampung Provinsi Su­matera Selatan,  Ronauli juga berterima kasih karena rumahnya kini telah tersambung listrik. Kehadiran listrik sangat membantunya dalam melakukan beragam kegiatan sehari-hari. Bahkan ia berencana berjualan es untuk mendukung perekonomian keluarganya.

“Sebelum adanya listrik, kami hanya menggunakan lampu pijar untuk penerangan pada malam hari. Alhamdulillah dengan adanya listrik kami berencana berdagang es untuk memajukan kehidupan ka­mi,” ungkapnya

Dalam peresmian penyalaan listrik 466 keluarga secara virtual, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril me­ngaku sangat bangga karena insan PLN memiliki inisiatif untuk membantu ma­syarakat yang kurang mam­pu, melalui program Light Up The Dream.

“Saya dan jajaran di­reksi PLN sangat mengapresiasi program Light Up The Dream dan berharap program ini dapat semakin berkembang karena sesuai dengan implementasi budaya kita yaitu AKHLAK,” ungkap

Bob Saril mengaku bahagia ketika melihat se­nyum seluruh masyarakat yang mimpinya untuk men­dapatkan listrik telah diwujudkan. 

“Terima kasih kepada insan PLN yang sudah ba­hu membahu untuk berdonasi mewujudkan mimpi masyarakat kurang mampu, karena pelaksanaan program ini dilakukan berkat empati karyawan PLN untuk berbagi kepada sesama. Ini pekerjaan yg tidak mudah karena butuh pe­ngorbanan untuk melaksa­nakannya,” tutur Bob Saril.

Donasi dilakukan dengan cara mendata calon pelanggan tidak mampu yang belum terlistriki atau masih menyambung listriknya melalui tetangga, kemudian pegawai kantor PLN terdekat akan bahu membahu mengumpulkan donasi untuk memberikan bantuan biaya instalasi dan pasang baru untuk calon pelanggan tersebut.

Pada kesempatan yang sama secara simbolis Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Darmawan menyalakan listrik untuk salah satu warga di Makassar, Sulawesi Selatan. Sejumlah anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan pun berpartisipasi dalam program Light Up The Dream, deng­an turut terlibat memberikan donasi.

Darmawan mengatakan, sebagai wakil rakyat DPRD berkewajiban membantu masyarakat dalam mewujudkan mimpi menghadirkan listrik untuk ma­syarakat tidak mampu, dia pun mengapresiasi program Light Up The Dream.

“Sudah merupakan kewajiban kami sebagai wakil rakyat untuk membantu masyarakat karena kami juga ingin terlibat dalam mewujudkan mimpi ma­syarakat kurang mampu. Kami mengapresiasi upaya PLN untuk menerangi ne­geri dan kami sangat mendukung apabila program Light Up The Dream ini terus berlanjut karena dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” Imbuh Dar­mawan.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top