Close

427 Peserta Mendaftar untuk MTQ ke-40 Kota Padang, Seluruh Institusi Pendidikan Boleh Ikut

Fuji Astomi Kabag Kesra Kota Padang

AIA PACAH, METRO–Kota Padang bakal meng­gelar  MTQ ke-40 tingkat Kota Padang pada 26 Juli nanti. Iven sekali dua tahun ini bakal digelar di Masjid Agung Nurul Iman Padang.

Kabag Kesra Kota Pa­dang, Fuji Astomi mengatakan penutupan pendafatran dilakukan. Jumlah peserta cukup banyak karena semua institusi pendidikan yang ada di Kota Pa­dang bisa ikut ambil bagian. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan ta­hun sebelumnya.

“Kalau tahun sebelumnya peserta diusulkan dari kecamatan saja. Tapi untuk MTQ sekarang kebijakannya berbeda. Semua institusi bisa ikut mendaftarkan siswa terbaiknya untuk ikut dalam perlombaan. Institusi itu bisa saja meliputi sekolah negeri, swasta, pesantren, madrasah, MIN,­ lembaga tahfiz quran serta lembaga lainnya. Jadi semua yang punya potensi bisa mendaftar,” kata Fuji didampingi kepala Kemenag Kota Padang, Edy Oktaviandi di Media Center Balaikota Padang, Rabu (20/7).

Hingga kemarin kata dia, sudah ada 427 orang yang mendaftar sebagai peserta. Mereka akan me­ngi­kuti berbagai cabang yang diperlombakan. Kecuali cabang-cabang khu­sus. Akibat kebijakan meru­bah para peserta ini, jumlah peserta semakin banyak. Dan lembaga yang ikutpun bervariasi. Berbeda dari tahun sebelumnya yang cuma utusan dari kecamatan.

“Kalau dulu banyak peserta yang potensial tidak ikut karena tidak dilirik oleh kecamatan. Akhirnya me­reka yang potensial itu terle­watkan dan tidak bisa ikut MTQ. Tapi sekarang berbeda. Semuanya boleh ikut dan mendaftar,” tandasnya.

Sistem baru ini bertujuan memberi semangat pada semua lembaga untuk mengekspresikan kemampuan mereka. Bagi pemenang nantinya secara otomatis akan menjadi utusan kota Padang untuk ajang MTQ tingkat Sumbar yang akan diselenggarakan di Solok Selatan. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top