Close

40 Pelatih dan Wasit ABTI Ikuti Pelatihan Lisensi C Sumbar

PELATIHAN LISENSI—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur (tengah) bersama wasit dan pelatih ABTI yang mengikuti pelatihan Lisensi C se-Sumbar, Minggu (18/9).

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, membuka pelatihan pelatih dan wasib bola tangan lisensi C Sumatra Barat.

“Kita Asosiasi Bola Ta­ngan Indonesia (ABTI) Sumatera Barat menggelar pelatihan lisensi C wasit dan pelatih dalam mempersiapkan cabang olahraga tersebut menjadi unggulan saat ini,”kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Minggu (18/9).

Suhatri Bur yang juga Ketua Umum ABTI iu di­dampingi Sekjen ABTI Sum­bar Septri mengatakan ada 40 peserta yang mengikuti pelatihan ini dan 33 orang berasal dari Sumbar dan sisanya dari luar provinsi seperti Riau, Jambi, Palembang dan Kepulauan Riau.

Ia menjelaskan tujuan pelatihan ialah agar wasit ataupun pelatih dari Su­matera Barat bisa ikut serta dalam kegiatan nasio­nal. Pelatihan ini digelar karena melihat kondisi di PON XX Papua kemarin bahwa tidak ada wasit yang bera­sal dari Sumbar.

“Wasit pada pertandi­ngan Bola Tangan kemarin didominasi dari pulau Jawa semua,”katanya.

Ia juga berkomitmen dengan kegiatan ini bisa memajukan Bola Tangan di Sumatera Barat kedepannya. Selain itu ia juga sempat mengatakan bakal menggelar liga untuk olah­raga Bola Tangan di Kabupaten dan Kota di Sumbar.

“Untuk tes kenaikan pangkat wasit dan pelatih ini, kita juga berencana akan mengadakan liga Bola Tangan di Sumbar dan selanjutnya dengan skala liga Sumatera yang akan dilaksanakan,”ujarnya.

Pada tahun depan 2023 ada Porwil yang diadakan di Sumatera, hal itu pihak­nya akan mendorong wasit ini agar bisa tampil di skala nasional itu.

Dirinya juga berharap bahwa dengan kegiatan ini agar wasit dan pelatih dari Sumbar ini bisa setara de­ngan daerah lain.

Katanya, gar kegiatan ini berjalan lancar dengan harap bisa melahirkan wasit dan pelatih yang kompeten.

“Semoga pelatihan ini berjalan lancar dan dapat menghasilkan wasit yang kompeten serta pelatih yang benar-benar ingin memajukan olahraga Bola Tangan Sumatera Ba­rat,” u­jarnya.

Ia juga mengapresiasi ABTI Sumbar karena me­lakukan gebrakan ini. “Ini adalah kali pertama di adakan di Sumbar, pelatihan pelatih dan wasit Bola Ta­ngan, jadi saya harap tujuan dari kegiatan ini nan­tinya bisa tercapai,”­ujar­nya.

“Tentunya pemerintah provinsi Sumatera Barat akan mendukung Bola Ta­ngan Sumbar,”ungkapnya mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top