Close

40 ekor ternak di Nagari Aur Duri Surantih Mati Mendadak dalam 1 minggu

PESSEL, METRO–Ironis dalam kurun waktu satu minggu ini puluhan ternak sapi dan kerbau milik warga di Nagari Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan mati secara mendadak.

Belum ada keterangan pasti penyebab pasti penyebab puluhan ternak sapi dan kerbau di daerah tersebut mati. Namun, berdasarkan keterangan sementara dari Wali Nagari Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan Jetrizko mati secara mendadak diduga tervirus penyakit mulut kuku ( PMK).

Dikatakan Walinagari Jetrizko, adanya kematian masssl ternak sapi dan kerbau cukup membuat warganya resah, bahkan bangkai terletak di sana – sini dan menyebar pada 12 Nagari dan 32 kampung.

” Kita bersama Camat, Pukeswan Kecamatan Sutera, dan dokter hewan setempat telah turun kelapangan, namun terkendala vaksin ternak,” tegas Jetrizko.

Atas peristiwa itu, Walinagari Aur Duri Surantih, mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan. Baik secara lisan maupun tertulis. Namun, tidak ada juga tanggapan sama sekali sampai detik ini.

Diperkirakan ratusan ekor sapi dan kerbau mati mendadak di Nagari Aur Duri Surantih, diduga hewan – hewan ternak itu mati akibat penyakit mulut kuku ( PMK) yang menyerang ternak warganya.

” warga berharap perkara ini segera bisa di tindak lanjuti  agar keresahan warga bisa terjawab,” tekuknya. ( Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top