Menu

4 Pemain Inggris Rawan Akumulasi Kartu

  Dibaca : 145 kali
4 Pemain Inggris Rawan Akumulasi Kartu
SKUAD Timnas Inggris merayakan kemenangan mereka saat menaklukkan salah satu favorit juara, Timnas Jerman 2-0 saat laga 16 besar di Wembley Stadion. Minggu (4/7) dinihari WIB, Inggris akan meladeni Ukraina di babak perempat final untuk berebut tiket ke semifinal.

Gareth Southgate sudah paham betul bahwa Inggris harus menyuguh­kan permainan berbeda ketika menghadapi Ukraina di perempat final Euro 2020 nanti. Pertandingan bakal berjalan alot bagi Inggris.

Sebelumnya, Inggris berjuang keras untuk me­nga­lahkan Jerman di ba­bak 16 besar. The Three Lions menang meyakinkan dengan skor 2-0, pilihan formasi tiga bek Southgate berjalan lancar.

Kini Inggris mulai diga­dang-gadang sebagai ca­lon juara. Jalan mereka menuju semifinal dan final cukup lapang, seharusnya peluang juara cukup besar.

Meski begitu, Inggris harus melewati Ukraina terlebih dahulu yang mung­kin merepotkan. Mengapa begitu?

Ada beberapa pertim­bangan Southgate untuk duel kontra Ukraina nanti, termasuk soal formasi. Seharusnya Inggris kem­bali bemain dengan empat bek, bukan tiga bek seperti saat melawan Jerman.

Southgate menje­laskan keputusan tiga bek lawan Jerman diambil khusus untuk mengatasi ancaman Jerman. ”Kami harus me­ne­tralisir sebagan besar kekuatan mereka [Jer­man]. Kami tidak bermain sem­purna, tapi kami sangat-sangat bagus,” ujar South­gate.

”Begitu kami bisa mem­berikan tekanan agresif dan memaksimalkan bola dengan baik, kami berubah jadi ancaman.”

Pertimbangan penting Southgate berikutnya ada­lah risiko pemain-pemain yang sudah menerima ka­rtu kuning dalam turna­men. Menurut peraturan UEFA untuk Euro 2020 ini, pemutihan kartu kuning baru dilakukan usai perem­pat final tuntas.

Artinya, pemain yang sudah menerima kartu kuning sekarang terancam absen di semifinal jika menerima kartu kuning lagi di babak perempat final nanti.

Di skuad Inggris ada 4 pemain yang sudah mene­rima kartu kuning, yaitu Harry Maguire, Kalvin Phil­lips, Declan Rice, dan Phil Foden.

Ini pilihan sulit bagi Southgate. Jika mereka menerima kartu kuning lagi, Southgate akan kehila­ngan pemain penting untuk semifinal mendatang.

Mainkan Mason Mount

Di sisi lain, mantan g­e­lan­dang Liverpool Jamie Redknapp yakin Mason Mount harus menjadi star­ter di perempat final Euro 2020 Inggris melawan Uk­raina.

Mount bermain sangat cemerlang untuk Chelsea pada musim lalu. Hal itu membuatnya masuk skuad Inggris untuk Euro 2020.

Mount menjadi starter dalam dua pertandingan awal Inggris di Euro 2020. Namun, sang pemain ke­mudian harus absen dalam dua pertandingan berikut­nya karena protokol Covid-19.

The Three Lions mam­pu bermain dengan baik meski tanpa kehadiran Mo­unt. Mereka mengalahkan Jerman 2-0 di babak 16 besar.

Selanjutnya Inggris a­kan menghadapi Ukraina di babak perempat final. Pertandingan ini akan ber­langsung di stadion Olim­pico, Roma, Minggu (4/7) dini hari WIB.

Mount sendiri saat ini sudah selesai menjalani masa karantina mandiri. Redknapp mendesak South­gate untuk memainkan Mo­unt dalam pertandingan melawan Ukraina.

“Melawan Ukraina, ka­mi mungkin harus bermain dengan cara yang sedikit berbeda. Mereka tampak lelah setelah kemenangan Swedia yang berlanjut ke perpanjangan waktu, jadi bagi saya rasanya kami harus memainkan lebih banyak pemain menye­rang,” kata Redknapp.

”Mason Mount mung­kin menjadi pelabuhan pang­gilan pertamanya, dia men­­jadi starter sebelum larangan Covid. Saya pikir Mason Mount pasti akan menjadi starter dan saya ingin Jack Grealish ber­main.”

Jack Grealish juga tam­pil cemerlang saat Inggris mengalahkan Jerman. Red­knapp meyakini kalau Southgate punya banyak pilihan di lini tengah untuk pertandingan melawan Uk­raina.

“Gareth harus menge­lola timnya dengan sangat baik. Tetapi kami memiliki pemain yang sangat segar tidak seperti tim lain se­hingga menjadi pertanda baik.” (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional