Menu

4 Paslon Yakin Nomor Urut yang Diterima Membawa Keberuntungan

  Dibaca : 264 kali
4 Paslon Yakin Nomor Urut yang Diterima Membawa Keberuntungan
Empat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar mendapatkan nomor urut dalam Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dalam Pilkada 2020 oleh KPU Sumbar bertempat di Grand Inna Hotel, Kota Padang, Kamis 24 September 2020.

PADANG, METRO
Komisi Pemilhan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan pleno pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar secara terbuka di Hotel Grand Inna Muara, Padang. Empat Paslon meyakini, nomor urut yang mereka terima bakal membawa keberuntungan. Kamis (24/9).

Pengundian nomor urut Paslon tersebut berlangsung lancar dan terkendali. Pasangan yang mendapatkan nomor urut 1 ialah Paslon Mulyadi dan Ali Mukhni, kemudian diurutan nomor 2 Nasrul Abit dan Indra Catri. Nomor 3 Fakhrizal dan Genius Umar, dan urutan terahkir nomor 4, Mahyeldi dan Audy Jonaldy.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan bahwa setiap Paslon setelah melalui tahapan ini wajib mengikuti aturan yang telah diberlakukan, guna menghindari pelanggaran.

“Pasangan calon wajib mengikuti aturan yang berlaku, dalam tahapan berikutnya. Hal-hal yang dapat menjadi potensi pelanggaran diharapkan agar dihindari, supaya tidak dikenakan sanksi,” kata Amnasmen saat rapat pleno.

Adapun penetapan itu dituangkan dalam Surat Keputusan KPU Sumbar Nomor 64/PL.02.3/Kpt/13/KPU/Prov/IX/2020. Usai pengunduan nomor urut juga dilakukan Deklarasi Pilkada Damai, dan penandatanganan Fakta Integritas bagi masing-masing paslon.

Rapat Pleno dilakukan secara  terbatas karena mengacu aturan KPU RI yang mengharuskan dan mewajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19. “Untuk jumlah yang boleh hadir kita batasi. Hal itu kita lakukan untuk menghindari kerumuman massa,” sebutnya.

Kemudian, Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, setelah pengundian ini akan memasuki masa kampanye.”Kita sebagai Divisi Teknis akan mengawasi masalah dana kampanye,” katanya.

Sementara untuk seluruh daerah di Provinsi Sumbar yang melakukan Pilkada hari ini semuanya sudah selesai, dan khusus untuk wilayah Kabupaten Pasaman hanya melakukan pengundian tata letak pasangan calon.

“Untuk semua daerah di Sumbar semua sudah selesai hari ini, ada 48 pasangan calon yang melakukan pengundian nomor urut, khusus di Kabupaten Pasaman, kita hanya melakukan pengundian tata letak pasangan calon saja, apakah disebalah kiri atau kanan,” jelasnya.

Kemudian, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surya Eftrimen mengatakan bahwa kepada semua pasangan calon yang masih menjabat dipemerintahan harus melepaskan masa jabatannya saat masa kampanye.

“Harus mengundurkan diri jabatannya. Jika ia kepala daerah harus cuti dulu sebelum kampanye, dan kampanye itu dimulai 26 September hingga 5 Desember. Kita harap kepada Paslon harus mengikuti prosedur protokol kesehatan selama masa kampanye,” ujarnya.

Untuk pasangan calon Gubernur Sumbar nomor urut 1, Mulyadi dan Ali Mukhni usai pengundian mengucapkan rasa syukurnya lantaran saat pengundian ia mendapatkan nomor 1.

“Nomor 1 adalah nomor yang diidam-idamkan semua orang, dan alhamdulilah, ini dari awal yang kami inginkan dan dikabulkan oleh Allah SWT. 1 adalah nomor sempurna, keseimbangan yang sempurna dan insya Allah kita mengajak semua masyarakat Sumbar untuk bersatu meraih kemenangan bersama menjadikan Sumbar provinsi yang berkah dan sejahtera,” kata Mulyadi yang langsung didampingi oleh Ali Mukhni.

Sementara pasangan calon nomor urut 2, Nasrul Abit dan Indra Catri usai pengundian juga mengatakan bahwa pada nomor urut 2 ini adalah yang keempatkalinya bagi Nasrul Abit.

“Saya sudah empat kali mendapatkan nomor ini, 3 kali menjadi pemenang, dan saya minta doa pada masyarakat Sumbar, untuk yang keempat ini bisa kembali menang,” pungkas Nasrul Abit didampingi Indra Catri.

Kemudian, pasangan nomor urut 3 Fakhrizal dan Genius Umar usai pengundian memaknai nomor urutnya tersebut ialah sebagai simbol ninik mamak, yaitu 3 tungku sajarangan.

“Alhamdulillah, ini sesuai dengan simbol saya sebagai Jenderal Niniak Mamak yakni tungku tigo sajarangan, tali tigo sapilin yang menggambarkan hubungan cerdik pandai, niniak mamak dan ulama,” kata Fakhrizal didampingi Genius Umar.

Dan terahkir, pasangan nomor urut 4, Mahyeldi dan Audy Joinaldy usai pengundian juga mengucapkan rasa syukurnya atas undian nomor urut tersebut.

“Alhamdulillah kita dapat nomor urut 4, orang minang itu harus tau dengan kato nan ampek, Kato Mandaki, Kato Malereang, Kato Mandata dan Kato Manurun, dan insya Allah jika kato nan ampek ini terimplementasikan dengan baik, ini akan menjadi kunci kesuksesan, Aamiin ya rabbalallamiin,” tutup Mahyeldi didampingi Audy Joinaldy. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional