Menu

4 M untuk Hadapi Tatanan Normal Baru

  Dibaca : 190 kali
4 M untuk Hadapi Tatanan Normal Baru
SERAHKAN BIBIT TOMAT— Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius serahkan bibit tomat.

PARIAMAN, METRO
Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, kemarin, memberikan bantuan tanaman buah dan bibit sayuran beserta bantuan lainya di halaman rumah dinas walikota.

“Karena menghadapi corona virus disease  19 kita harus mulai membiasakan mematuhi protokol kesehatan dengan membudayakan 4 M untuk adaptasi kebiasaan baru,” katanya, kemarin.

Katanya, M yang pertama adalah masker, yaitu  masyarakat semua harus mulai menjadikan memakai masker sebagai kebiasaan baru yang mesti diterapkan bila keluar rumah.

Untuk M yang kedua, katanya menjaga jarak, dimana dimasa Covid-19 ini kita mesti membiasakan menjaga jarak dan tidak bersentuhan terlebih dahulu dengan orang lain.

“Minimal 1 Meter untuk menjaga jarak dengan orang terdekat, sehingga kita tidak terkena domplet atau virus yang masih berkeliaran disekitar kita, karena kita tidak tahu apakah orang tersebut sehat atau terkena Covid-19, karena yang banyak terjadi saat ini adalah mereka sehat, tetapi positif Covid-19, yang biasa disebut OTG (Orang Tanpa Gejala),” ujarnya

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kota Pariaman ini mengatakan untuk M yang ketiga adalah Mencuci tangan sesering mungkin, dan usahakan mencuci tangan selalu dengan menggunakan sabun, karena kalau hanya air saja, virus tersebut tidak mati, baru dengan sabun virus tersebut dapat dibunuh dan dinetralkan, ulasnya.

“Kita biasakan untuk memulai aktifitas atau masuk dalam ruangan dengan mencuci tangan pakai sabun, apabila tidak ada wastafel, bisa juga dengan selalu membawa hand sanitizer setiap waktu, selalu mencuci tangan atau menyemprotkan hand sanitizer setiap memegang sesuatu,” tuturnya.

“Dan, untuk M yang terakhir, adalah Mandi, dimana kita terbiasa mandi itu pagi dan sore saja, pada situasi sekarang ini, Mandi adalah hal yang mesti kita lakukan bila kita bepergian keluar rumah, dimana setelah berada di luar rumah untuk bekerja atau hal lainya, sebelum kita bercengkrama dengan keluarga, kita sempatkan waktu untuk mandi terlebih dahulu, baik itu siang atau malam hari,” ungkapnya.

Dengan membudayakan 4 M ini sebagai Adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan kita, inshaAllah, kita akan dapat membentengi diri kita dan keluarga kita dari Covid-19 ini, sehingga kita dapat terus beraktivitas, dan produktif dalam pemenuhan kebutuhan hidup kita, tutup Lucy panggilan akrab beliau. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional