Close

(4) Benfica vs Juventus (3), Drama 7 Gol, Juve Tersingkir dari UCL

TERTUNDUK LESU— Para pemain Juventus hanya bisa tertunduk lesu usai dikalahkan oleh tuan rumah Benfica dengan skor 4-3 dalam lanjutan matchday 5 UCL 2022-2023 grup H, Rabu (26/10) dinihari WIB. Hasil ini sekaligus membuat si Nyonya Tua tersingkir dari UCL.

Juventus dipastikan tersingkir dari Champions League 2022-2023 setelah kalah dari tuan rumah Benfica dalam matchday kelima Grup H Champions League 2022-2023, Rabu (26/10) dini hari WIB.

Duel Benfica vs Juventus yang berlangsung di Estadio da Luz, Lizbon itu berjalan sengit. Tuan rumah keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3.

Juventus yang butuh kemenangan untuk menjaga kans melaju ke babak 16 besar justru tertinggal 1-3 di babak pertama. Gol-gol Antonio Silva (17′), Joao Mario (28′ P) dan Rafa Silva (35′) cuma mampu diba­las Moise Kean pada menit ke-21.

Di babak kedua, mental pemain Juventus kembali dibuat berantakan setelah Rafa Silva mencetak gol keduanya pada menit ke-50 guna membawa Benfica unggul 4-1.

Tertinggal jauh nyata­nya tak menyurutkan semangat Bianconeri untuk bangkit. Dua gol beruntun berhasil mereka cetak me­lalui Arkadiusz Milik (77′) dan Weston McKennie dua menit berselang.

Namun, di 10 menit waktu normal tersisa, Juventus yang tampil habis-habisnya nyatanya tidak mampu menambah gol. Skor 4-3 untuk keunggulan Benfica pun berakhir hingga bubaran.

Hasil ini memastikan Juventus tersingkir dari Champions League 2022-2023. Mereka untuk sementara menduduki urutan ketiga dengan koleksi hanya tiga poin dari lima laga, terpaut delapan poin dari Paris Saint-Germain (PSG) dan Benfica yang berturut-turut menempati posisi 1-2.

Secara matematis, pasukan pelatih Massimiliano Allegri sudah tak lagi bisa finis dua besar saat babak penyisihan grup menyisakan satu pertandingan.

Kans terakhir Si Nyo­nya Tua adalah mempertahankan peringkat tiga untuk turun kasta ke babak play-off Liga Europa 2022-2023.

Melansir The Athletic, ini merupakan kali pertama Juventus gagal melaju ke fase knock-out Champions League 2022-2023 se­telah tersingkir di babak grup edisi 2013-2014.

Berdasarkan sumber yang mengulas hal ini, ada tiga catatan buruk yang melekat pada Juventus setelah kekalahan 3-4 di markas Benfica itu.

Juventus telah menjalani lima laga di fase grup Liga Champions 2022/2023. Sialnya, mereka baru me­ngumpulkan tiga gol. Menurut data dari Opta Paolo, catatan itu menjadi yang terburuk bagi Juventus sepanjang keikutsertaan mereka di ajang Liga Cham­pions.

Dari lima laga yang sudah dijalani, Juventus hanya sekali menang. Sementara sisanya berakhir dengan kekalahan. Satu-satunya kemenangan yang diraih Juventus pada Liga Champions musim ini terjadi saat tim asuhan Massimiliano Allegri menjamu Macabi Haifa. Saat itu Juve menang 3-1.

Tim-tim asal Italia dikenal selalu memilki pertahanan yang sulit ditembus. Juventus pun sempat lama identik dengan hal itu. Namun, dalam laga melawan Benfica, Rabu (26/10) dini hari, pertahanan Juve tampak sangat lemah. Gawang yang dijaga Wojciech Szczêsny kebobolan tiga kali di babak pertama.

Sialnya, itu menjadi yang pertama terjadi pada Juventus dalam sejarah mereka mengikuti ajang Liga Champions. Tentu bukan sebuah catatan yang layak dibanggakan.

Juventus dipastikan ga­gal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Kegagalan ini mengulang apa yang terjadi pada mu­sim 2013/2014 silam.

Saat itu, Juventus juga menempati posisi ketiga klasemen akhir Grup B. Andrea Pirlo dan kolega kalah bersaing dengan Real Madrid dan Galatasaray.

Juventus pun saat itu harus tergelincir ke Liga Europa. Juventus melaju sampai babak semifinal pada ajang itu. Sayangnya mereka kalah 1-2 dari Benfica dalam babak semifinal yang berlangsung dua leg.

Pada musim ini, Juventus masih berpeluang lolos ke Liga Europa. Namun, mereka tidak boleh kalah saat menghadapi Paris Saint-Germain pada laga terakhir fase grup. Juve bisa tetap lolos meski kalah dari PSG, jika di laga lain Haifa kalah dari Benfica. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top