Menu

38 Pemain Diseleksi Menjelang Piala AFF U-22, Egy, Ezra, Saddil Absen

  Dibaca : 78 kali
38 Pemain Diseleksi Menjelang Piala AFF U-22, Egy, Ezra, Saddil Absen
LATIHAN PERDANA— Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memimpin langsung latihan perdana Timnas U-22 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Senin (7/1). Ada lima pemain yang absen dalam latihan perdana sekaligus seleksi untuk Piala AFF U-22 tersebut.

Timnas Indonesia U-22 akan mengikuti Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Skuat Garuda dijadwalkan menjalani dua kali uji coba lebih dulu.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memanggil 38 pemain untuk mengikuti seleksi tahap pertama. Indra akan memilih 23 pemain terbaik.

Pertaruhan terdekat Timnas U-22 ada di Piala AFF U-22 di Kamboja pada Februari 2019. Indonesia berada di Grup B bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Malaysia dan Singapura.

Indra menyebut Timnas bakal menjalani dua kali uji coba untuk mematangkan persiapan. Pertama, Timnas menghadapi salah satu konstestan Liga dan, yang kedua, melawan tim di luar Asia Tenggara. Dua-duanya direncanakan dilaksanakan pada awal Februari.

”Ada dua uji coba lokal dan internasional. Belum bisa saya sebutkan namanya. Yang pasti tim dari Asia Tenggara. Kalau lokal, tunggu saja karena mereka juga lagi persiapan kompetisi. Semua uji coba digelar sebelum kami ke Kamboja,” ujar Indra usai latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Senin (7/1).

Uji coba tim lokal kemungkinan bisa saja Persija melihat dari kedekatan dan kebutuhan Persija yang juga ingin melakukan persiapan sebelum kompetisi. PSSI sebelumnya berencana mempertemukan Indonesia dengan China.

Di sisi lain, Pelatih Indra Sjafri menyebut kondisi pemain yang hadir belum 100 persen. Eks pelatih Bali United tersebut akan langsung menerapkan promosi degradasi di akhir sesi pemusatan latihan perdana itu.

Indra terlihat didampingi tiga asisten saat memimpin latihan. Ketiga asisten tersebut yakni Nova Arianto, Yunan Helmi, dan Nursaelan.

Sementara empat calon penjaga gawang Timnas Indonesia U-22 ditangani terpisah oleh Hendro Kartiko. Sesi latihan tersebut dimulai sejak pukul 06.30 WIB.
Dalam sesi latihan tersebut, para pemain terlihat diberikan beberapa materi latihan seperti passing dan ditambah dengan mini game.

Dalam latihan pembuka pada Senin (7/1) itu, lima pemain absen. Ezra Walian, Egy Maulana Vikri, Firza Andika, Saddil Ramdani, dan Osvaldo Haay tak menunjukkan batang hidungnya di Lapangan ABC, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan absen.

Indra menjelaskan kelima pemain yang belum datang memiliki alasan yang berbeda-beda. Saat ini, Indra dan PSSI memang tengah menjalani komunikasi dengan klub Saddil (Pahang FA) dan Ezra (RKC Waalwijk).

”Hari ini kami mulai persiapan menuju Piala AFF, Piala AFC dan SEA Games. Di pagi hari ini, hampir 90 persen pemain hadir. Yang belum datang lima pemain. Kalau Osvaldo, karena ada acara nikahan kakaknya. Sementara, Saddil dia sedang menjalani pre-season bersama klubnya Pahang,” ujar Indra.

”Beberapa pemain yang dari klub luar negeri kebetulan mereka juga mulai pre-season dan kami juga melakukan komunikasi dengan klub mereka untuk tahu kapan mereka bisa bergabung. Kami lagi komunikasi dengan klub mereka. Saya juga minta ke Saddil nomor kontak pelatihnya, tentu butuh komunikasi untuk kami kepada pelatih yang menangani mereka,” ujar Indra.

Pada latihan tersebut, Indra menilai penampilan para pemain belum sepenuhnya memuaskan. Sebabnya, mereka juga baru menjalani libur kompetisi.

”Untuk kompetisi kan sudah off selama 1 bulan ya. Memang ada beberapa pemain yang kelebihan berat badan dan kondisi yang belum prima ya wajar saja. Tapi mulai hari ini, kedepannya mereka sudah mulai bekerja keras untuk bisa lebih baik lagi,” kata Indra.

Di tahun 2019, Timnas U-22 akan tampil di tiga ajang, yaitu Piala AFF U-22 di Kamboja pada 17 Februari-2 Maret. Selanjutnya, skuat Garuda Muda bakal mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam dan terakhir SEA Games 2029 di Filipina pada akhir tahun. (*/ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional