Close

375 SK CPNS 2018 Kemenag Sumbar Diserahkan

Ilustrasi CPNS

PADANG, METRO – Sejumlah Satuan Kerja Kementerian Agama (Satker Kemenag) mulai menyerahkan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) pada pekan ketiga Mei 2019.

Penyerahan tersebut menyusul telah disampaikannya Persetujuan Teknis (Pertek) Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi 12.694 CPNS Kementerian Agama oleh Sekretaris Jenderal Kemenag M Nur Kholis Setiawan pada 30 April 2019 lalu.

Tak ketinggalan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, menyerahkan SK kepada 375 orang CPNS Kanwil Kemenag Sumbar untuk Tahap Pertama, Rabu (22/5).

Kegiatan Pembekalan dan Penyerahan SK CPNS 2018 bertempat di aula Amal Bhaktii. Hadir dalam Kegiatan ini Kakanwil, Hendri, Kabag TU, Irwan, Plh Kabid PAKIS, Armadi serta seluruh Kasubbag di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar.

Ketua pelaksana penerimaan CPNS Tahun 2018 sekaligus Kabag TU, Irwan melaporkan proses pengadaan formasi CPNS Tahun 2018 mulai dari pengumuman pendaftaran, verifikasi berkas, Ujian SKD dan SKB. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 17.040 pelamar dari kebetuhan 801 formasi.

“Setelah verivikasi berkas dan lulus administrasi sebanyak 16.174 pelamar. Dari 16.174 pelamar hanya 1.614 orang yang lulus CAT dan akhhirnya hanya 762 orang yang lulus tahap akhir yakni SKD,” tukasnya.

Ia menambahkan, Persetujuan Teknis (Pertek) yang diterima dari BKN untuk Tahap I ini baru 375, dengan formasi umum sebanyak 349 orang dan formasi disabilitas sebanyak 26 orang. Sehingga pertek yang belum keluar sebanyak 387 orang, semoga dalam waktu dekat ini keluar.

Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri menyampaikan beberapa pesan kepada CPNS yang telah menerima SK. Diantaranya agar CPNS bersyukur atas nikmat Allah telah berhasil melewati tahapan demi tahapan seleksi hingga hari ini tibalah saat penyerahan SK.

Ia juga mengingatkan agar CPNS ini menjalankan tugas dengan sepenuh hati.

“Begitu sulit untuk menjadi PNS, banyak yang menginginkannya namun bapak/ibu terpilih diantara yang banyak itu. Maka sepatutnyalah bapak/ibu wajib menunaikan tugas dengan baik, ikhlas karena Allah SWT,” ucapnya.

“Disamping itu agar tugas terlaksana dengan baik tentunya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait dengan ASN, sehingga dapat bekerja dengan disiplin, penuh rasa tanggungjawab. Serta mampu memberikan contoh tauladan ditempat tugas dan lingkungan dimana bapak/ibu tinggal,” imbuhnya.

Hendri menegaskan bahwa penempatan CPNS sesuai dengan formasi dan itu telah sesuai dengan persetujuan teknis dari BKN dan tidak boleh minta pindah. “Jadi CPNS/PNS tak boleh cengeng, baru beberapa bulan sudah minta pindah, karena ini adalah pilihan bapak/ibu sendiri bukan paksaan dari pihak manapun,” ucap Hendri.

Sebagai ASN yang baik ungkapnya, diingatkan agar berpegang kepada lima nilai Budaya Kerja. Yakni Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladan, lanjut putra Agam ini.

Diakhir sambutannya, ia mengingatkan kembali agar ASN Kemenag jadi rahmatan lil alamin di tengah-tenghah masyarakat yang memiliki paham keagamaan yang moderat. (mil/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top