Menu

36 Tahun tak Pernah Nikmati Air Bersih

  Dibaca : 626 kali
36 Tahun tak Pernah Nikmati Air Bersih

air bersih
SUDIRMAN, METRO–Walaupun sudah bermukim di pusat Kota Bukittinggi, belum ada jaminan bisa mendapatkan fasilitas air bersih dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM). Itulah yang dialami oleh warga yang bermukim di Kompleks Mutiara Indah RT 04/RW 01 Kelurahan Aur Tanjungkang Tengah Sawah (ATTS) Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Kompleks yang sudah didiami oleh 80 kepala keluarga sejak tahun delapan puluhan sampai sekarang belum pernah menikmati air bersih.

Hal tersebut menjadi keluhan masyarakat saat reses anggota DPRD Bukittinggi, M Nur Idris, di daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, di lapangan kampus Sekolah Tinggi Sosial Politik (Stispol), Bukittinggi.

”Sudah tiga puluh puluh lima tahun kami berdomisili di komplek mahkota indah belum pernah kami menikmati air bersih dari PDAM atau Pemko Bukittinggi,” sebut  Suryadi alias Chung salah seorang tokoh masyarakat mahkota indah.

Suryadi menambahkan pada setiap musrenbang kami selalu mengusulkan ini. Baik musrenbang kelurahan, kecamatan bahkan sampai musrenbang kota namun belum ada hasil sampai saat ini. “Untuk itu kami minta kepada anggota dewan untuk memperjuangkan usulan kami ini pada APBD tahun 2017,” ujar Suryadi.

Selain masalah fasilitas air bersih, warga yang hadir juga menyorot masalah sampah di sekitar got di daerah mahkota indah dan got di Jalan Bagindo. “Kalau bisa ditutup saja got itu agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke got atau sungai kecil,” ujar salah seorang warga.

Menanggapi keluhan masyarakat itu, M. Nur Idris berjanji akan menyampaikan kepada Pemko. Politisi PAN ini akan menjadikan keluhan warga sebagai bagian dari pokok-pokok pikiran dewan tahun 2017.

”Persoalan ini akan kami sampaikan kepada Pemko. Persoalan air bersih yang utama. Aneh juga sudah di dekat pusat kota tapi masih ada warga yang belum dapat fasilitas air bersih atau pelayanan PDAM, apalagi di daerah di sudut kota ini,” ujar M. Nur Idris.

Selain menerima aspirasi dari masyarakat, reses kali ini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan kenirja DPRD dan program Pemko tahun 2017. Ketua Komisi I DPRD Bukittinggi ini tidak lupa mengajak masyarakat untuk mendukung program Pemko dengan wali kota dan wakil wali kota baru hasil Pilkada serentak tahun 2015.

”Saya berharap kita semua untuk sama-sama mendukung dan membantu program kota sesuai dengan visi dan misi Walikota yang baru,” ujar M. Nur Idris.

Dalam acara reses yang dihadiri oleh ratusan masyarakat itu, juga diadakan pengajian atau tausiah oleh Buya Gusrizal Gazahar. Ustad Gusrizal mengajak semua masyarakat untuk menjaga keimanan seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan daerah. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!