Menu

36.920 Vaksin Covid-19 sudah Tiba, 9 Ribu Nakes di Padang bakal Disuntik

  Dibaca : 557 kali
36.920 Vaksin Covid-19 sudah Tiba, 9 Ribu Nakes di Padang bakal Disuntik
VAKSIN TIBA— Dinas Kesehatan Sumbar menerima vaksin Covid-19 yang sudah tiba di Padang, Selasa (5/1). Vaksin ini disimpan di Dinas Kesehatan Sumbar.

AIAPACAH, METRO
Sebanyak 36.920 dosis vaksin Covid-19 sudah sampai di Padang pada Selasa (5/2) sekitar pukul 08.30 WIB. Vaksin Covid-19 ini diletakkan di ruang penyimpanan vaksin yang berada di Dinas Kesehatan Sumbar.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi mengatakan, pendistribusian vaksin ini ke kabupaten kota masih menunggu informasi dari pusat. Kemudian juga menunggu izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kita masih menunggu jadwal kapan dilakukan vaksinasinya. Dari informasi yang kita terima, rencananya di pusat Presiden mencanangkan pada 13 Januari,” tukas Arry.

Ia menjelaskan, yang pertama yang akan divaksin yaitu tenaga kesehatan yang ada fasilitas pelayanan kesehatan. Termasuk tenaga pendukung yang ada fasilitas pelayanan kesehatan seperti cleaning service, tenaga laundry, tenaga keamanan dan lainnya.

Setelah itu ungkapnya, prioritas berikutnya ialah tenaga yang bekerja sebagai pelayan publik. Termasuk di dalamnya TNI, Polri dan Satpol PP. Sebab mereka banyak berinteraksi dengan masyarakat. “Berikutnya baru kita vaksin ke kelompok masyarakat yang usia 18-59 tahun,” ujar Arry.

Untuk tahap pertama yang 36.920 dosis vaksin Covid-19 ini terang Arry, hanya untuk tenaga kesehatan. Namun ia belum memastikan berupa jumlah tenaga kesehatan di Sumbar saat ini. Akan tetapi dengan jumlah vaksin yang dikirim ke Sumbar sebanyak 36.920, dirasa sudah cukup karena tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan jumlahnya berada di angka 30 ribuan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Padang, Feri Mulyani mengatakan, vaksinasi Covid-19 belum bisa dilakukan karena masih menunggu kedua izin dari MUI dan BPOM. Namun saat ini, jumlah semua tenaga kesehatan (nakes) yang sudah didata dan akan disuntik di Padang adalah sebanyak 9.000 lebih. Datanya terus bergerak setiap harinya.

Feri Mulyani mengungkapkan, bahwa yang akan disuntik vaksin Covid-19 adalah dokter, perawat, bidan, hingga sopir ambulans, baik rumah sakit negeri atau swasta. “Untuk tahap pertama semua tenaga kesehatan yang ada di Padang akan divaksin,” tandas Feri Mulyani.

Terkait mengenai teknis pelaksanaan serta sanksi yang akan diterapkan jika ada tenaga kesehatan yang tak mau divaksin, menurut Feri Mulyani juga masih belum jelas. Sampai hari ini (kemarin), kata dia, petunjuk teknis pelaksanaan juga belum turun. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional