Menu

35 Anggota DPRD Pasaman Dilantik

  Dibaca : 197 kali
35 Anggota DPRD Pasaman Dilantik
LANTIK— Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Sikaping, Cut Carnelia saat melantik dan memberi sumpah/janji kepada 35 anggota DPRD terpilih Pasaman periode 2019-2024.

Sebanyak 35 anggota legislatif terpilih DPRD Kabupaten Pasaman, hasil pelaksanaan Pemilu 17 April 2019, resmi diambil sumpah/janjinya sebagai anggota DPRD untuk masa jabatan lima tahun ke depan, Senin (12/8).

Pengambilan sumpah/janji dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Sikaping, Cut Carnelia. Turut hadir dalam pengambilan sumpah/janji jabatan dewan terpilih tersebut yakni Bupati Pasaman, Yusuf Lubis beserta wakilnya, Atos Pratama, Sekda Maraondak, Sekwan Mukhrizal, para Kepala OPD, Camat, wali nagari serta para undangan lainnya.

Pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Pasaman masa jabatan 2019-2024 diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan pembukaan rapat paripurna oleh Ketua DPRD Yasri.

Berikutnya, pembacaan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 171-581-2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Pasaman masa jabatan 2019-2024. Serta dilanjutkan pengucapan serta penandatangan berita acara pengucapan sumpah/janji, penyematan pin dan penyerahan SK anggota DPRD.

Sidang paripurna pun dilanjutkan dengan penyerahan pimpinan DPRD dari pimpinan lama kepada pimpinan sementara ditandai dengan penyerahan palu dan bukti memori.

Pada paripurna ini juga diumumkan pimpinan sementara DPRD Pasaman masa jabatan 2019-2024. Yakni berasal dari parpol peraih kursi terbanyak pertama dan kedua, Bustomi dari Partai Gerindra dan Dani Ismaya dari PKS.

Ketua Sementara DPRD Pasaman, Bustomi mengatakan, sesuai ketentuan Perundang-undangan, maka pimpinan sementara DPRD harus dipimpin oleh seorang ketua dan wakil ketua dari partai peraih kursi terbanyak pertama dan kedua di DPRD.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan hak pilihnya dalam pemilu lalu, sehingga kami bisa terpilih,” katanya

Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada para penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu yang dianggap sukses menyelenggarakan Pemilu serta aparat keamanan (TNI/Polri) dan Pemda Pasaman.

Sementara itu Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengajak anggota dewan yang baru saja dilantik untuk bekerjasama mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu sesuai peran DPRD sebagai legislasi, anggaran dan pengawasan. “Mari melangkah bersama, bersinergi dengan Pemda untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana janji-janji saudara kepada masyarakat pada masa Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu,” katanya.

Ia berharap hubungan harmonis antara pemerintah daerah dengan DPRD Pasaman tetap terjalin dengan baik, demi terlaksana kemajuan pembangunan di daerah itu. Sebab, antara legislatif dan eksekutif memiliki kedudukan yang sama.

“Kiranya kerja sama yang ditunjukkan selama ini tetap berlanjut diperiode anggota DPRD yang baru ini. Mari kita lanjutkan program pembangunan, kita ciptakan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan Pasaman kedepan,” ujarnya. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional