Menu

35 ABK KM Setia Abadi II yang Selamat di Berangkatkan

  Dibaca : 52 kali
35 ABK KM Setia Abadi II yang Selamat di Berangkatkan
PELEPASAN— Perwira Pelaksana atau Palaksa Mayor Marinir Ahmad Fauzi. MT melepas 35 ABK menuju Jakarta, Minggu (12/9).

PADANG, METRO–Setelah di selamatkan oleh Tim SAR Lanal Nias besera unsur SAR lainya, 35 ABK KM Setia Abadi II yang selamat selamat di berangkat ke Jakarta melalui Sibolga Minggu (12/9). Komandan Pangkalan TNI AL Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, yang di wakili oleh Perwira Pelaksana atau Palaksa  Mayor Mari­nir Ahmad Fauzi. MT. Opsla pukul 22.00 Wib, melepas keberangkatan ABK KM Setia Abadi II yang terbakar beberapa hari lalu di perairan Nias.

Pemberangkatan ke 35 orang ABK juga di ikuti Perwakilan Bupati Nias Selatan, Polres Nias Selatan serta unsur terkait. ABK KM Setia Abadi II semua berjumlah 39 orang dan 35 o­rang dapat di selamatkan serta 4 orang di nyatakan hilang.

Pemberangkatan melalui pelabuhan baru Teluk­dalam Kabupaten Nias Selatan menuju pelabuhan Sambas Sibolga. Pembe­rangkatan ke Sibolga meng­­gunakan kapal  Ferry KM. Wira Ono Niha, yang selanjutnya akan diberangkatkan ke Jakarta.

Pemberangkatan ke Jakarta akan dilakukan oleh Ke Agenan PT Maju Setia Abadi selaku pengurus. Bapak Mikail sebagai agen pemberangkatan ke 35 orang ABK menuju Ja­karta.

Danlanal Nias mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang ikut membantu mulai da­lam melakukan SAR, penjemputan sampai dalam pemberangkatan para A­BK KM Setia Abadi II.

“Semoga kerja baik dan ikhlas kita ini, merupakan jadi amal ibadah bagi kita semua,” ujar  Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, yang didampingi Perwira Pelaksana atau Palaksa  Mayor Marinir Ahmad Fau­zi. MT  menyampaikan melalui  sambungan telepon seluler.

Sebelumnya, KM Setia Abadi II bvermuatan 35 orang penumpang,  nyaris dilumat habis si jago me­rah. Kebakaran yang terjadi  di perairan Nias pada jarak 377 NM arah Barat Nias yang merupakan wi­layah kerja Lantamal II Padang.

“Hampir satu jam api berkobar dan dapat dikendalikan atas kerjasama semua unsur maritim.  Untung  saja musibah itu tak memakan nyawa manusia, hanya saja kerugian ditaksir  mencapai ratusan juta rupiah,” ujar Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto, di­dampingi Kadispen Lantamal II Mayor Laut (T) Syah­rul kepada POSMETRO kemarin.

  Dikatakan Syahrul,  se­­belumnya  Lanal Nias menerima kontak Radio dari Kepala Kantor Search And Rescue atau SAR Ni­as, bahwa Kamis pada pu­kul 18.15 WIB terjadi kebakaran kapal KM Setia Abadi II.  Info ini dari BBC Basarnas pusat yang men­dapatkan informasi dari  dari MV Pelicana bendera Norwegia berlayar dari Lampung menuju Terusan Suez.

Pada jarak 377 NM arah Barat Nias di temukan kapal berbendera Indonesia  atas nama KM Setia Abadi II terbakar.  “Kapal cargo MV Pelicana langsung me­nyelamatkan ABK deng­an jumlah 35 orang semua WNI dalam keadaan selamat,” jelasnya. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional