Menu

34 Unit Situs Cagar Budaya Makam Belanda Dipugar di  Kota Sawahlunto

  Dibaca : 90 kali
34 Unit Situs Cagar Budaya Makam Belanda Dipugar di  Kota Sawahlunto
PUGAR--Situs Cagar Budaya Makam Belanda yang dipugar di Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Situs Cagar Budaya Ma­kam Belanda (Kerkhof) bakal dipugar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sum­bar di  Kota Sawahlunto. Pemugaran tersebut meru­pakan tahap ketiga setelah pemugaran sebelumnya pa­da tahun 2018 dan 2019 lalu, telah dilakukan pemugaran. Pemu­garan makam Belanda ini akan menjaga keles­tarian­nya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Peninggalan Bersejarah dan Perme­seu­man, Dinas Kebudayaan, Pening­galan Bersejarah dan Per­meseuman Kota Sawah­lunto Rahmad Gino Sea Ga­mes.

Menurut pria yang disapa Gino tersebut, jumlah kubu­ran Belanda di Kelurahan Lubang Panjang Sawahlunto terdapat 94 unit. “Ini pemu­garan yang terakhir seba­nyak 34 unit. 60 unit lainnya telah dipugar sebelumnya,” kata Rahmad, Kamis kemarin.

Rahmadmenambahkan, BPCB Sumbar menekankan, setelah dipugar nanti agar Pemko Sawahlunto benar-benar memanfaatkannya untuk objek wisata. “BPCB juga meminta untuk pembe­basan sebuah warung yang berada di komplek makam, dan itu telah disetujui untuk biaya ganti pindahnya,” ujar Rahmad.

Berdasarkan wawancara wartawan pada November 2018 lalu, Petugas Penjaga Makam Belanda Arfizon me­nga­takan, tercatat ada 94 unit makam. “Makam dilengkapi dengan nisan yang terbuat dari beton bertulang. Dari 94 unit hanya 6 makam yang memiliki nama,” kata Rah­mad. (*/pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional