Close

33 Tingkat Nasional, LAKE Padang Panjang Terbaik se-Sumatera Barat

Berdasarkan hasil Laporan Audit Kearsipan Eksternal (LAKE) 2021 yang dilaksanakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada hasil pengawasan kearsipan pada pemerintah kabupaten/kota 2021 menempatkan Kota Padang Panjang berada di urutan 33 nasional dengan kategori B (baik) dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia.

PDG.PANJANG, METRO–Berdasarkan hasil La­poran Audit Kearsipan Eksternal (LAKE) 2021 yang dilaksanakan Arsip Nasio­nal Republik Indonesia (ANRI) pada hasil pengawasan kearsipan pada pemerintah kabupaten/kota 2021 menempatkan Kota Padang Panjang berada di urutan 33 nasional dengan kategori B (baik) dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia.

Sementara untuk kabupaten/kota se-Sumatera Barat, Kota Padang Panjang berada di urutan pertama. Disusul Kabupaten Padang Pariaman yang berada di urutan 43 nasio­nal dan Kota Bukittinggi yang berada di urutan 72 nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Yan Kas Bari, SE , Jumat (25/2) menyebutkan, hasil LAKE ini diumumkan pada Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan yang dilaksanakan secara virtual belum lama ini.

Dijelaskannya, ANRI telah menyelenggarakan pengawasan kearsipan terhadap kementerian dan lembaga tingkat pusat dan pemerintah provinsi yang dilaksanakan oleh Pusat Akreditasi Kearsipan. Serta pemerintah provinsi melaksanakan pengawa­san kearsipan terhadap pemerintah kabupaten/kota yang dilaksanakan oleh Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi.

“Nilai hasil pengawa­san kearsipan dilaksanakan pemerintah provinsi yang diverifikasi ANRI,” sebutnya.

Dijelaskannya lagi, program penyelenggaraan pengawasan kearsipan ini melalui program audit ke­arsipan yang meliputi tahap kegiatan perenca­na­an, audit, penilaian hasil audit, dan monitoring hasil audit.

“Penghargaan ini a­dalah bentuk apresiasi. Kita berharap, dengan pencapaian ini menambah motivasi untuk mengelola arsip Pemko Padang Panjang lebih baik lagi agar terselamatkannya bukti akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan serta menjaga memori kolektif bangsa di lingkungan Pemko Pa­dang Panjang,” harap­nya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kearsipan DPK, El­fina Yeni, S.Pd berharap, ke depannya seluruh OPD di lingkungan pemerintah Kota Padang Panjang lebih memperhatikan penataan arsip yg dimulai dari penciptaan, pemberkasan, penyimpanan sampai kepada penyusutan arsip. Karena akan berpengaruh kepada akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Padang Pan­jang.

“Untuk penghargaan ini, nanti akan ada acara pe­nyerahan secara resmi dari Pemerintah Provinsi Suma­tera Barat. “ tutur­nya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top