Close

322 Petugas Masjid dan 161 Guru LPA Terima Insentif

INSENTIF— Bupati Kabupaten Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi menyerahkan insentif pada guru TPA dan LPA serta ratusan petugas masjid. ( chandra antoni/posmetro)

TANAHDATAR, METRO – Sebanyak 161 orang guru LPA/TPA se-Kabupaten Tanahdatar yang telah disertifikasi dan 322 petugas masjid terima insentif dari Pemkab Tanahdatar di masjid Nurul Amin Pagaruyung, Senin (27/5).

Kabag Kesra Setkab Tanahdatar Afrizon Sag mengatakan, masing-masing guru LPA/TPA yang telah disertifikasi diberikan insentif sebesar Rp2,4 juta. Sementara untuk petugas masjid masing-masing diberikan sebesar Rp1,6 juta dengan total dana sebesar Rp899 juta yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Tanahdatar.

Sementara Bupati Tanahdatar H Irdinansyah Tarmizi yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan, pemerintah Kabupaten Tanahdatar saat ini memiliki 4 program andalan yakni peningkatan kualitas SDM, peningkatan kualitas pertanian, pariwisata dan pembangunan.

Terkait dengan program peningkatan kualitas SDM, Bupati Irdinansyah mangatakan bahwa yang paling utama adalah peningkatan keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu, dalam dalam mencapai tujuan tersebut dilaksanakan program tahfidz, maghrib mengaji serta kegiatan keagamaan lainnya. Selain itu pemerintah juga menghimbau agar masjid tidak hanya berfungsi untuk melaksanakan shalat 5 waktu sehari semalam, namun juga bisa dimanfaatkan untuk belajar mengaji, menghafal Al-Quran serta kegiatan keagaan lainnya.

Tidak itu saja, dalam mencapai tujuannya pemerintah kabupaten Tanahdatar juga mewajibkan bagi setiap guru LPA/TPA agar bisa membina minimal 3 orang anak dalam setiap tahunnya untuk bisa menjadi hafidz Qur’an minimal 1 juz. Dan kalau tidak mampu berarti dana insentifnya juga tidak akan diberikan.

“Kenapa hal ini dilakukan, karena kita sudah mencanangkan kabupaten Tanahdatar menjadi kabupaten Tahfidz,” ujar Irdinansyah.

Sekaitan dengan itu Bupati Irdinansyah meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Tanahdatar terutama dari para guru LPA/TPA dan petugas masjid. Dia juga menyampaikan untuk mendukung ini di Tanahdatar juga telah berdiri sebanyak 164 rumah tahfidz dan 14 diantaranya telah menjadi binaan langsung pemerintah Labupaten Tanahdatar. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top