Close

312 Anggota PPS se Kota Padang Dilantik, Riki Eka Putra: Pahami Tugas Masing-Masing

FOTO BERSAMA— KPU Padang foto bersama anggota PPK, dan PPS yang baru dilantik, sebelum melaksanakan orientasi tugas untuk Pemilu 2024, Selasa (24/1).

PADANG, METRO–Sebanyak 312 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Padang untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dilantik dan diambil sumpah janjinya, di salah satu Hotel di Padang, Selasa (24/1).

Para anggota PPS ter­sebut akan ditempatkan di 104 Kelurahan yang ada di 11 kecamatan Kota Padang. Untuk setiap kelurahannya akan ditempatkan sebanyak tiga orang yang terdiri dari ketua dan anggota PPS.

“Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, selanjutnya para anggota PPS akan langsung bekerja membantu tugas-tugas dari KPU dalam setiap tahapan Pe­milu 2024,” ujar Ketua KPU Padang Riki Eka Putra.

Riki mengingatkan kepada anggota PPS yang baru saja dilantik supaya memahami tugas masing-masing. Apalagi sebentar lagi ada tahapan pencalonan perseorangan anggota DPD RI, sehingga peran mereka bisa membantu ketika verifikasi faktual dan pemutakhiran data pemilih.

Tugas ini, katanya, me­ru­pakan amanah dan kepercayaan yang harus diemban oleh seluruh anggota PPS sebagai pengabdian. Oleh karena itu, anggota PPS harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan setiap tahapan yang akan datang, sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan aman.

“Kami harapkan PPS memberikan kontribusi terbaiknya dalam mewujudkan Pemilu yang demo­kratis, sesuai dengan tugas dan kewenangan yang di­be­rikan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masya­ra­kat dan SDM KPU Kota Padang, Atika Triana, mengatakan bahwa proses se­leksi calon anggota PPS dilakukan secara terbuka dan profesional.

Sebanyak 312 orang anggota PPS yang dilantik sebelumnya mengikuti beberapa seleksi, mulai dari pendaftaran yang diikuti oleh 2.264 orang. Kemudian dari jumlah tersebut, tercatat 1.293 berkas pelamar dinyatakan lulus administrasi, dan 1.152 orang yang mengikuti seleksi tertulis.

Selanjutnya, 875 orang pelamar mengikuti selesai wawancara, dan akhirnya hanya 312 orang yang terpilih menjadi anggota PPS se Kota Padang. (cr1) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top