Menu

307 Napi Lapas Muaro Ikut Memilih

  Dibaca : 110 kali
307 Napi Lapas Muaro Ikut Memilih
HAK PILIH— Warga narapidana binaan di Lapas Kelas II A Muaro Padang memberikan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

MUARO, METRO – Meskipun tengah menjalani masa hukuman kurungan penjara, ratusan warga narapidana binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Muaro Padang tetap antusias untuk memberikan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Warga binaan ini menyoblos di dua tempat pemungutan suara (TPS) yang telah disediakan di dalam lapas.

Plh Kalapas Muaro Padang, Rusdi mengatakan, penyelenggaraan pemilu berjalan lancar di dalam lapas. Dari 970 warga binaan di dalam lapas, ada 307 warga binaan yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang bisa menggunakan hak pilihnya.

”Kita sudah verifikasi bersama KPU. Sesuai aturan KPU, yang menjadi pemilih adalah warga binaan yang memiliki KTP elektronik dan beralamat di Kota Padang. Makanya dari semua warga binaan hanya 307 yang bisa ikut memilih,” kata Rusdi.

Rusdi menjelaskan, TPS khusus untuk warga binaan memang sengaja ditempatkan di dalam lapas yaitu TPS 13 dan 14. Dimana di TPS 13 terdapat 207 pemilih, dan TPS 14 terdapat 113 pemilih. Untuk petugas KPPS, semuanya dari petugas lapas,

”Jadi kalau TPS di dalam lapas, petugas KPPS tidak dari luar, tapi petugas kita. Termasuk keamanan pengganti Linmas juga dari petugas lapas. Selama pelaksanaan, tidak ada masalah, aman-aman saja,” jelasnya.

Sementara itu, pantauan POSMETRO, warga binaan menggunakan hak suaranya di dua TPS di Lapas Muaro Padang, yang berada di ruang hall Lapas. Tidak ada yang berbeda dalam pelaksanaan pemilu di sana. Secara bergantian warga binaan yang terdaftar menggunakan hak pilihnya.

Selain itu, sebelum memilih, para warga binaan, juga tampak melihat-lihat para calon legislatif ataupun calon presiden dan wakil presiden yang tertempel di dinding jeruji hall. Sekitar pukul 08.00 WIB, proses pencoblosan sudah tampak dimulai. Juga tampak untuk pengamanan sebanyak dua personel kepolisian dari Polresta Padang. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional