Menu

30 Ribu Peserta Penas Sudah Mendaftar, Pembersihan Lokasi Belum Terlihat Signifikan

  Dibaca : 63 kali
30 Ribu Peserta Penas Sudah Mendaftar, Pembersihan Lokasi Belum Terlihat Signifikan
TINJAU—Siswono dari perusahaan penyedia stand pameran Indoor PT Perako didampingi Ketua KTNA Sumbar Oyon Safei dan Plt Kadis PUPR Padang Yenni Yuliza meninjau lokasi Penas 2020. (ist)

PADANG, METRO – Walaupun, hari “H” pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI, 20-25 Juni 2020 masih jauh. Namun pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Penas sudah mulai turun meninjau persiapan di lapangan. Hal itu menyusul tinjaun lapangan pihak penyedia jasa Stand Pameran Indoor dari PT Perako Jakarta.

Tinjauan perusahaan tersebut diwakili Siswono yang didampingi Ketua KTNA Sumbar Oyon Safei, Rabu (9/10). Dalam kesempatan itu PT Perako dan KTNA Sumbar mengharapkan Pemprov Sumbar dan Pemko Padang segera membersihkan lahan seluas 27 hektare yang akan dipergunakan untuk hajat nasional ini. Sebab, di lapangan belum terlihat pembersihan lahan untuk lokasi Penas 2020 tersebut.

“Kita dari PT Perako perusahaan penyediua stand pemeran bakal menyediakan sekitar 700 stand pameran dengan lahan seluas 1,7 hektare,” ujar Siswono dari PT Perako saat meninjau lahan Penas 2020 di belakang Kantor Balaikota Padang Aie Pacah.

Siswono mengharapkan, Pemprov Sumbar dan Pemko Padang untuk membersihkan lahan yang akan dipergunakan sebagai lokasi kegiatan penas. Terutama untuk lahan stand pemeran indoor yang akan disediakan PT Perako dari Jakarta. PT Perako memfasilitasi stand pameran, produk pertanian segar.

Sedangkan, Ketua KTNA Sumbar Oyon Safei mengharapkan, Pemko Padang terus melaksanakan pembersihan lahan lokasi Penas 2020 ini dengan luas 27 hektare. Sementara, di lapangan belum terlihat pembersihan lahan secara signifikan. “Sementara, waktu tetap berjalan, maka diharapkan progres untuk pembersihan lahan Penas ini juga terus berjalan,” ujar Oyon.

Bahkan, ujar Oyon, hingga sekarang peserta yang mendaftar di kepanitiaan Penas pusat sudah mendaftar sekitar 30 ribu peserta. Dari rencana semula peserta yang akan mendaftar sebagai peserta sekitar lebih kurang 50 ribu peserta. Sebab, lahan akan dipergunakan sebagai lokasi upcara kondisinya saat ini sudah siap.

Sementara, lahan untuk stand pameran indoor yang akan dihandle PT Perako saat kini belum terlihat pembersihan lahannya di lapangan. Di lokasi masih ditumbuhi semak belukar dan tumbuhan perdu. Belum, lokasi untuk gelar teknologi pertanian, alat0-alat pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.. Juga lokasi gelar teknologi agrowisata dari pihak pihak swasta.

Dikatakan, di lokasi pemukiman peserta Penas disediakan 39.596 rumah pendukuk di 10 kelurahan, 2 kecamatan. Lokasi pusat kegiatan Penas dipusatkan di belakang Balaikota Padang Kelurahan Aia Pacah, Kecamatan Koto Tangah. Kegiatan terdiri dari pameran dan promosi, expo dan gelar teknologi berada di sekitar pusat kegiatan yang akan didesain menjadi 4 zona yaitu zona pembangunan pertanian nasional dan kontes peternakan nasional, zona aqua culture, zona agroforestry dan zona gelar teknologi. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional