Close

30.000 Keluarga Penerima Manfaat Terima Uang Rp200 Ribu, Dana Bansos Reguler bisa Diambil Warga di Kantor Pos

Bantua sosial (bansos) reguler yang dananya dari Kemensos RI sudha dapat diambil warga di kantor Pos Indonesia.

KUINI, METRO–Bantua sosial (bansos) regu­ler yang dananya dari Kemen­sos RI sudha dapat diambil warga di kantor Pos Indonesia. Bantuan yang diberikan tiap tahun ini akan diterima warga sebesar Rp200 ribu.

Sekretaris Dinsos Padang, Yoserizal mengatakan, ada 30.000 30.000 Keluarga Penerima Man­faat (KPM) yang berhak mene­rima bansos dari Kemensos RI. Untuk pembayarannya dilaku­kan sekali 3 bulan.

“Warga yang mene­rima tentu terdaftar pada Data Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI,” ujar Yoserizal, Jumat (4/3).

Ia menambahkan, ban­sos tersebut diberikan pe­merintah pusat untuk per­cepatan pemulihan pena­nganan Covid-19 dan jenis­nya uang sebesar Rp200 ribu. Sebelumnya, Kemen­sos RI menyalurkan sem­bako. Namun saat ini, tidak lagi dan sudah diganti be­rupa dana tunai.

Untuk pengambilannya lanjut Yoserizal diatur per masing-masing kecamatan waktunya oleh pihak kantor Pos. Syaratnya, membawa KK, KTP. Selain itu, bagi warga yang akan mengam­bil bantuan, wajib me­ma­tuhi protokol kesehatan (prokes). Agar penularan virus tidak terjadi dan ke­nyamanan terwujud.

“Kita meminta kepada warga untuk mengambil bansos sesuai jadwal yang ditetapkan. Agar keru­mu­nan tidak membeludak dan pencairan berjalan lan­car,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada penerima bansos, agar mempergunakan dana un­tuk kebutuhan pokok. Ja­ngan belikan ke yang lain.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Padang, Zulhardi Z Latief meminta kepada warga Padang yang menerima untuk da­tang sesuai jadwal dan patuhi prokes. Ia juga me­ngajak kepada warga yang mendapatkan bansos, me­manfaatkan dengan baik dananya dan beli yang mengeyangkan perut dan bisa dinikmati keluarga di rumah.

Sebelumnya, diketahui Pemerintah Kota Padang me­nyambut baik atas dila­kukan percepatan peny­erahan bantuan sosial un­tuk wilayah Kota Padang tahun anggaran 2022 oleh Komisi VIII DPR RI ber­sama Kementerian Sosial RI.

Demikian disampaikan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Padang Ances Kurniawan sewaktu menghadiri ke­giatan Penyerahan Penun­tasan Bansos Tunai TA 2022 (Periode Januari – Maret), di Aula Kantor Camat Ko­totangah, Rabu (2/3).

Adapun bantuan yang diserahkan yakni, bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 19.342 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp16.093.550.000, Bantuan ATENSI Sentra Terpadu Inten Suweno Bogor senilai Rp. 357.625.100, bantuan BPNT untuk 34.084 KPM sebesar Rp20.450.400.000 dan Bantuan ATENSI Sen­tra Mulya Jaya Jakarta senilai Rp101.750.000.

“Atas nama Pemko Pa­dang, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak M.Asli Chaidir anggota DPR RI Komisi VIII serta jajaran Kementerian Sosial RI beserta Sentra Terpadu Inten Soeweno, Cibinong dan Mulya Jaya, Jakarta yang telah mengalokasikan anggaran untuk mem­ban­tu Pemerintah Kota Padang dalam meningkat kese­jahteraan sosial,” ungkap Wako Hendri Septa. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top