Menu

3 Ton Daging Babi Melintas di Bukittinggi, Terungkap usai Tabrakan di Bypass

  Dibaca : 2318 kali
3 Ton Daging Babi Melintas di Bukittinggi, Terungkap usai Tabrakan di Bypass
BAWA BABI— Satu unit mobil colt diesel BD 8366 CK diduga membawa daging babi dari Bengkulu ke Medan, sempat diamankan di Bukittinggi, Senin (29/4). (ulfa musriadi/posmetro)

BUKITTINGGI, METRO – Satu unit mobil colt diesel warna kuning dengan pelat nomor polisi BD 8366 CK diduga membawa daging babi dari Bengkulu ke Medan, Senin (29/4) dicegat polisi. Mobil diamankan pertama oleh Unit Laka Lantas Polres Bukittinggi, karena menyenggol pengendara motor di Jalan Bypass Bukittinggi.

Dari kejadian tersebut, unit Laka Lantas Polres Bukittinggi melakukan pengecekan barang bawaan mobil. Tenyata diketahui membawa daging babi sebanyak tiga ton dengan tujuan Medan, Sumatera Utara.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP M Rizky Cholid menyerahkan kasus tersebut ke unit Reskrim Polres Bukittinggi untuk dilakukan pengecekan surat izin perdagangan jual beli daging babi. Apalagi melewati jalur lintas Sumatera.

Saat ini sopir dan kernet mobil tersebut diminta keterangan lebih lanjut oleh tim penyidik Reskim Polres Bukittinggi. Memastikan daging tersebut dibawa secara resmi atau tidak dari Bengkulu ke Medan melewati Bukittinggi.

“Setelah dimintai keterangan sopir dan kernetnya hanya mempunyai surat hasil tes lab menyatakan kalau daging yang dibawanya adalah daging babi dari Bengkulu ke Medan,” kata Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP Andi MA Mekuo.

Kata Andi, untuk proses setelah diminta klarifikasi keterangan dari Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan menyatakan bahwa untuk surat uji lab yang dibawa bersangkutan sudah cukup untuk administrasi dalam perjalanan. Artinya, daging itu cuma sekadar melintas di Sumbar.

“Saat ini kami sudah mengizinkan mobil tersebut melanjutkan perjalanan ke Kota Medan. Kami juga melakukan pengawasan terhadap peredaran daging babi ilegal mejelang Rahmadhan. Jangan sampai ada peredaran daging babi masuk khususnya ke Kota Bukittinggi yang akan kami koordinasikan dengan pihak dinas terkait “ jelasnya. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional