Close

3 SSK TNI-Polri Masih di Yahukimo Papua

PASCA—Koondisi pascadua rumah yang dibakar oleh KKB di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pekan lalu.

JAKARTA, METRO–Polri memastikan situasi keamanan dan keter­tiban masyarakat di Kabupaten Yahukimo, Papua, dalam keadaan kondusif. Aparat keamanan TNI-Polri berkuatan tiga satuan setingkat kompi (SSK) berada di Kabupaten Yahukimo untuk memulihkan kem­­bali situasi masya­ra­kat khususnya di Distrik Dekai.

“Situasi di Yahukimo sekarang kondusif,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (6/10).

Meski telah dinyatakan kondusif, Rusdi mengakui masih ada warga di sekitar Yahukimo yang mengungsi meminta perlindungan. “Tercatat ada 3.609 orang masih berlindung di bebe­rapa tempat, ada di tiga tempat,” kata dia.

Ketiga tempat yang dimaksudkan, yakni Mapolres Yahukimo, Gereja Dekai Evanestia, dan Koramil Dekai.

Keberadaan warga di sana, menurut Rusdi, untuk meminta perlindungan ke­amanan. “Sekali lagi situasi sudah kondusif, aparat keamanan berusaha secara optimal memulihkan kembali situasi keamanan di sana (Yahukimo-red),” ujar Rusdi.

Sementara itu, terkait penanganan kasus kerusuhannya, kata Rusdi, pe­nyidik Polda Papua sudah menindak lanjuti kasus tersebut dan sudah dalam proses penyidikan. Dia mengatakan sudah menetapkan 22 tersangka dalam kasus di Kabupaten Yahukimo dan penyidikan masih berlangsung.

“Penyidik masih mendalami dan kemungkinan akan bertambah tersangka cukup besar,” ungkap Rusdi. Menurut Rusdi, ke 22 tersangka tersebut terlibat dalam aksi kekerasan, ikut serta dalam aksi pe­nye­rangan di Gereja Gidi Ya­hukimo pada 3 Oktober 2021  “Mudah-mudahan segala upaya yang dilakukan aparat keamanan di sana bisa mengembalikan situasi keamanan dan ke­tertiban di Kabupaten Ya­hukimo,” ujar Rusdi. (jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top