Menu

3 Rumah Kontrakan dan Gudang Ludes Terbakar

  Dibaca : 272 kali
3 Rumah Kontrakan dan Gudang Ludes Terbakar
KEBAKARAN—Petugas Damkar melakukan pendinginan setelah memadamkan api yang membakar rumah dan gudang di Kelurahan Kampung Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.

PADANG, METRO–Kebakaran hebat terjadi di kawasan padat penduduk Jalan Nusa Indah, RT 03 RW 04, Kelurahan Kampung Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Selasa (15/6) sekitar pukul 16.00 WIB. Akibat insiden itu, satu unit rumah induk yang terdiri dari 3 rumah kontrakan dan satu unit gudang ludes terbakar.

Untungnya, kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, pemilik mengalami kerugian materil hingga ratusan juta rupiah, lantaran bangunan berikut dengan barang-barang yang ada di dalam rumah dan gudang tersebut ludes dilahap si jago merah.

Hanya saja, saat kebakaran terjadi, sontak saja menjadi hiburan bagi masyarakat yang berbondong-bondong datang dan berkerumun untuk mengabadikan peristiwa tersebut ke gadget mereka. Kondisi itu sangat menganggu petugas pemadam kebakaran (Damkar) kota Padang yang berjibaku untuk memadamkan api.

Bahkan, petugas sudah berupaya untuk menghalau warga yang datang agar tidak berkrumun, apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Bahkan, Polisi yang datang ke lokasi juga berupaya untuk membubarkan masyarakat agar proses pemadaman lebih cepat.

Untuk memadamkan api, pihak Damkar kota Padang mengerahkan delapan unit armada ditambah satu unit armada Damkar dari PT Semen Padang dan membutuhkan waktu sekitar satu jam lamanya memadamkan api dan proses pendinginan sehingga api tidak menjalar ke bangunan lain yang ada di dekat objek yang terbakar.

Salah satu warga, Rabani (56) mengungkapkan informasi kebakaran itu diketahui dari anaknya. Kemudian ia bergegas menuju lokasi untuk memastikan dan ternyata yang terbakar adalah rumah anak pamannya.

“Yang terbakar rumah anak mamak (paman) saya. Ketika itu pemilik rumah sedang salat. Sementara anak dari pemilik rumah sedang tidak ada dirumah. Mengetahui adanya kebakaran, pemilik langsung menyelamatkan diri tanpa bisa menyelamatkan satupun barang yang ada dalam rumah,”sebut Rabani.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar kota Padang Dedi Henidal dilokasi pasca dipadamkan api mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan terjadinya kebakaran dilokasi tersebut sekitar pukul 16.15 WIB, dan langsung mengerahkan armada ke lokasi.

“Sekitar pukul 16.38 WIB kami sampai ke lokasi dan memang api sudah membesar menghanguskan seisi rumah yang tidak sempat diselamatkan oleh pemiliknya,”ujar Dedi.

Dilanjutkannya, sesampai di lokasi, pihaknya langsung melakukan pemadaman dan pendinginan objek yang terbakar sehingga tidak menyebar ke bangunan lain.

“Kami sampai disini memang api sudah besar. Alhamdulillah bisa kita dinginkan, dan kita lokalisir karena kebakaran menyebabkan barang-barang yang ada ludes dan tidak bisa dikembalikan,”tuturnya.

Sementara itu, menurut Dedi, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Dan api dapat dikendalikan dengan menerjunkan 8 unit armada induk ditambah satu armada bantuan dari Semen Padang.

“Kendala dilapangan adalah banyaknya masyarakat yang menjadikan kebakaran ini menjadi wisata bencana. Selain itu di perjalanan juga sedikit tersendat karena dihalang-halangi sehingga susah masuk ke lokasi. Masyarakat juga banyak yang tidak pakai masker,”ungkap Dedi.

Untuk itu, Dedi menghimbau kepada masyarakat kota Padang untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) walaupun dalam kondisi bencana. Jika tidak, pihaknya akan mengambil tindakan tegas terkait hal tersebut.

“Saya berkemungkinan akan mengambil satu tindakan, apabila kebakaran masih banyak masyarakat yang tidak pakai masker, saya tidak akan turun  karena jika satu anggota Damkar terkena positif, kami harus lockdown secara keseluruhan. Sehingga nantinya tidak ada yang akan memadamkan api kebakaran sehingga dampaknya akan besar. Komitmen kami, yang tidak pakai masker harus keluar dari lokasi kejadian. Untuk menegakkan komitmen ini, kami akan berkoordinasi dengan polisi, untuk mengamankan lokasi,”tutupnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional