Menu

3 Ribu Kader Posyandu bakal Dites Swab

  Dibaca : 142 kali
3 Ribu Kader Posyandu bakal Dites Swab
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani

AIAPACAH, METRO
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan, tren kasus positif Covid-19 di Kota Padang menurun. Jumat (17/7), tidak ada ditemukan penambahan kasus. Sementara sehari sebelumnya, hanya ada penambahan satu kasus Covid-19.

“Sekarang lagi turun. Tapi kita tak bisa pastikan kapan Covid-19 ini akan berakhir. Sepanjang masyarakat belum patuh, kita tak bisa berbuat apa-apa,” sebut Feri Mulyani.

Sampai saat ini diakuinya, masih ada masyarakat yang tidak peduli dengan protokol Covid-19. Sehingga kemungkinan terjadinya penularan masih tetap ada. Untuk meminimalisir kasus positif, saat ini Dinas Kesehatan Padang sedang melakukan tes swab massal pada kelompok-kelompok beresiko, seperti kader-kader posyandu.

Ia menjelaskan, saat ini ada 3.000 kader posyandu. Semuanya mau dites swab karena mereka kelompok beresiko. Namun saat ini yang baru menjalani tes baru sebanyak 500 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 orang dinyatakan positif.

“Kita masih berupaya agar para kader posyandu ini bisa segera melakukan tes. Tapi ada sebagian yang tidak mau,” sebut Feri Mulyani.

Untuk ke depannya, kata dia, semua kelompok berisiko ini akan dilakukan tes swab sekali tiga bulan. “Kita rencanakan sekali tiga bulan melakukan tes swab terhadap kelompok berisiko ini,” tandasnya.

Berdasarkan data di dinkes.padang.go.id, jumlah positif Covid-19 di Padang hingga Jumat (17/7) ada 567 kasus. Sedangkan pasien sembuh kemarin bertambah satu orang sehingga total sembuh ada 478 orang. Penambahan kasus sembuh berasal dari Kelurahan Kampung Pondok. Sedangkan total meninggal dunia 24 orang.

Sementara itu, terdapat 48 kelurahan sudah bebas dari Covid-19 karena pasiennya ada yang sembuh atau meninggal. Kelurahan tersebut yaitu, Jati, Kubu Dalam Parak Karakah, Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Ulak Karang Selatan, Air Tawar Timur, dan Lolong Belanti.

Kemudian, Lubuk Buaya, Batang Kabung Ganting, Ikur Koto, Balai Gadang, Parupuk Tabing, Koto Pulai, Bungo Pasang, Lubuk Minturun, Padang Sarai, Anduring, Ampang, Sungai Sapih, Tanjung Saba Pitameh, Banuaran, Gurun Laweh, Tanah Sirah Piai, Kampung Baru, Parak Laweh, Koto Baru, Kampung Jua dan Gates.

Berikutnya, Koto Lalang, Ujung Gurun, Purus, Padang Pasir, Berok Nipah, Kampung Pondok, Pisang, Binuang, Koto Luar, Kapalo Koto, Piai Tangah, Limau Manis, Cupak Tangah, Mata Air, Seberang Padang, Pasa Gadang, Seberang Palinggam, Kurao Pagang, Bungus Barat, dan Bungus Timur. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional