Menu

3 Pasien Covid-19 di Kota Padangpanjang Meninggal saat Lebaran

  Dibaca : 186 kali
3 Pasien Covid-19 di Kota Padangpanjang Meninggal saat Lebaran
Tim Penanganan Covid-19 memakamkan pasien positif Covid-19 yang meninggal di kota Padangpanjang.

PADANGPANJANG, METRO–Tiga pasien positif Covdi-19 yang menjalani perawatan di Kota Padangpanjang meninggal dunia saat lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Jenazah pasien itupun selanjutnya dimakamkan oleh Tim Penanganan Covid-19 di lokasi berbeda, Sabtu (15/5).

Plt Kepala BPBD Kesbangpol Padangpanjang Zulheri mengatakan, proses pemakaman diselenggarakan sesuai prosedur penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19.

“Libur lebaran bukan berarti bebas dari tugas. Petugas covid,  dituntut siap sedia, siap siaga, kapanpun juga dan dimana pun. Ya, benar. Hingga hari ini Minggu (16/5), tercatat tiga pasien Covid-19 yang meninggal dunia kami makamkan sesuai protokol kesehatan (prokes) dan sesuai keinginan keluarga pasien,” ujarnya.

Dikatakannya satu dari tiga pasien tersebut meninggal saat lebaran dan telah dikuburkan di Kampung Manggis, Kecamatan Padangpanjang Barat.  Dua pasien lagi meninggal di hari kedua lebaran. Berasal dari Panyalaian, Kabupaten Tanahdatar yang meninggal di RSUD Padangpanjang.

“Yang dari Tanahdatar, dimakamkan tim pemakaman yang berasal dari Tanahdatar. Satu lagi berasal dari Kelurahan Gumala, Kecamatan Padangpanjang Timur yang meninggal di RS Yarsi Padangpanjang,” ungkapnya.

Sebelumnya pada Ramadhan lalu, ditambahkan Kasubbid Kedaruratan, Irelisofa, BPBD juga membantu pemakaman dua pasien Covid-19.

“Pertama warga Kelurahan Bukit Surungan, dimakamkan di Panyalaian. Lalu, warga Kelurahan Balai-Balai, dikuburkan di Balai-Balai,” sebutnya.

Terkait pemakaman sesuai prokes, tim BPBD sebelumnya telah koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Polres, Polsek, camat dan lurah untuk selalu mengedukasi dan sosialisasi bagi keluarga pasien yang meninggal karena virus Covid-19.

“Kami dari tim sudah koordinasi dahulu dan menerangkan kepada pihak keluarga kenapa dimakamkan sesuai prokes. Ini kita lakukan untuk menghindari penularan terhadap keluarga dan masyarakat lainya,” jelasnya. (rmd)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional