Close

3 OPD Pemko Padang Jalin Kerja Sama dengan Bank Nagari

KERJA SAMA— Dinas Damkar, Dinas Pertanian dan Disdukcapil Kota Padang, menjalin perjanjian kerjasama dengan Bank Nagari Cabang Pasar Raya pada Selasa (20/9), yang disaksikan langsung Wako Padang Hendri Septa, Pimpinan Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang Syafrizal CH.

PASAR RAYA, METRO–Untuk  mendukung percepatan pelaksanaan tugas dan program-program disertai peningkatan terhadap pelayanan publik, sebanyak 3 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padang menjalin perjanjian kerjasama dengan Bank Nagari Cabang Pasar Raya pada Selasa (20/9).

Ketiga OPD tersebut terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Pertanian dan Disdukcapil Kota Padang. Selain itu kerjasama juga ikut dilakukan pihak RSJ Prof. HB. Saanin Padang dengan salah satu bank milik pemerintah da­erah Sumatera Barat ter­sebut.

Penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilangsungkan di Aula Lantai IV Kantor Bank Nagari Cabang Pasar Raya itu, dilakukan oleh Pimpinan Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang Syafrizal CH bersama Kepala Dinas Damkar Kota Padang Budi Payan, Kepala Dinas Pertanian Syahrial dan Kepala Disdukcapil Teddy Antonius.

Ikut hadir menyaksikan Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Sekda Andree Algamar bersama Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari Muhammad Irsyad didampingi Komisaris Utama (Komut) Bank Nagari Benni Warlis serta unsur Kepala Cabang dan Divisi Bank Nagari.

Wali Kota Padang Hendri Septa dalam sambutan dan arahannya menyampaikan apresiasi yang tak terhingga kepada Bank Nagari atas terselenggaranya hal yang sangat positif tersebut.

Menurutnya, kerjasama ini merupakan landasan bagi masing-masing pihak untuk saling bersinergi mendukung percepatan pelaksanaan program program, serta mewujudkan pelayanan publik yang prima melalui elektronifikasi pembayaran sebagai salah satu implementasi gerakan nasional transaksi non tunai.

“Program elektronifikasi ini tentu diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan eko­nomi khususnya di Kota Padang. Yaitunya me­la­lui inklusi keuangan, ke­se­hatan fiskal dan efisiensi aktivitas ekonomi,” imbuhnya.

“Kita menyadari pengalihan transaksi tunai ke non tunai memiliki banyak keuntungan. Diantaranya efisiensi dalam ‘cash handling’, lebih praktis, akses le­bih luas serta transparansi transaksi dan lebih aman,” sambung Wako.

Seperti diketahui, kerjasama yang dilakukan Bank Nagari Cabang Pasar Raya dengan tiga OPD Pemko Padang kali ini yaitu seperti dengan Dinas Dam­kar terkait penggu­naan jasa perbankan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai standarisasi pembayaran non tunai untuk pembayaran retribusi alat pemadam kebakaran (APK).

Sementara dengan Dinas Pertanian kerjasama terkait penggunaan QRIS untuk pembayaran retribusi rumah potong hewan (RPH) serta bagi Disdukcapil Kota Padang tentang kerjasama fasilitasi kartu identitas anak (KIA) dalam bentuk pemberian bonus saldo tabungan anak.

“Kerjasama dalam digitalisasi pembayaran ini sebenarnya bukan hal yang baru karena kita selama ini sudah menjalankan hal yang sama dengan OPD-OPD lainnya di Kota Padang. Alhamdulillah, terbukti mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masya­rakat,” ungkapnya.

Selanjutnya melalui ker­jasama ini Wako Hendri juga berharap dapat mengoptimalkan pendapatan daerah sekaligus berperan serta dalam menyukseskan program pemerintah dalam mendukung gerakan nasional non tunai.

“Besar harapan kita kolaborasi ini juga dapat dilakukan atau oleh OPD-OPD terkait lainnya. Semoga implementasi dari kerjasama ini senantiasa berjalan dengan baik dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan,” pungkas Wako Padang.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kakanwil DJPb Sumbar Heru Pudyo Nugroho serta pimpinan OPD terkait lainnya. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top