Close

3.306 Narapidana Sumbar Diusulkan Terima Remisi Lebaran

LAPAS— Lembaga Persmayarakatan (Lapas) Kelas II A Muaro Padang.

PADANG, METRO–Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Barat (Sumbar) mengusulkan 3.306 warga binaan mendapat remisi masa tahanan di momen Idul Fitri tahun 2022 atau 1443 Hijriah. Jumlah warga binaan yang diusulkan mendapat remisi tersebut tersebar di seluruh satuan kerja lembaga pemasyarakatan untuk mereka yang telah memenuhi persyaratan.

Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya mengatakan, terkait jumlah pasti warga binaan yang menerima remisi akan diumumkan sehari sebelum Idul Fitri. Saat ini pihaknya masih menunggu surat keputusan Menteri Hukum dan HAM.

“Sementara terkait kriteria warga binaan yang mendapatkan remisi di antaranya untuk mereka yang memenuhi syarat waktu. Kemudian berperilaku baik dalam waktu berjalan, dan yang beragama Islam tentunya,” kata An­dika, Rabu (27/4).

Andika berharap, semua yang diusulkan tersebut disetujui, karena remisi merupakan hak pada warga binaan. “Semoga semua disetujui, karena remisi ini memang merupakan hak warga binaan,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Andika, dalam pelaksanaan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan, Kemenkumham Sumbar mengusung tema Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK, Mewujudkan Indonesia Maju.

“Menkumham memberikan instruksi dan harapan agar seluruh insan dapat melaksanakan tugas dan fungsi pemasyarakatan sesuai dengan ketentuan yang ada,” tuturnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top