Close

29 Tahun Lubuk Basung Jadi Ibukota, Tingkatkan Persatuan Kesatuan Bangun Daerah

INSPEKTUR UPACARA— Bupati Agam Andri Warman menjadi inspektur upacara peringatan 29 tahun Lubuk Basung menjadi ibukota Kabupaten Agam.

AGAM, METRO–Tepat di tanggal 19 Juli 29 tahun yang lalu, momen bersejarah lahir di Kabupaten Agam dimana di tanggal tersebut tepatnya 19 Juli 1993 Lubuk Basung ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten berlambang harimau tersebut.

Masih segar dalam ingatan, bahwa proses perpindahan ibukota ini tidak semudah dibayangkan. Namun, akhirnya Lubuk Basung ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Agam.

Ketika itu secara defacto, ibu kota Kabupaten Agam dipindahkan dari Bukittinggi ke Lubuk Basung.

Untuk memperingati usia ke 29 tahun ini, Pemerintah Kabupaten Agam menggelar upacara sebagai peringatan peristiwa bersejarah tersebut yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Agam.

Hari ini kita bersama-sama merayakan dan peringati 29 tahun Lubuk Basung sebagai ibukota Kabupaten Agam, sekaligus ben­tuk penghormatan terhadap sejarah ini,” ujar Bupati Agam Andri Warman saat menjadi inspektur upacara.

Upacara ini katanya, jadi sebuah momen evaluasi atas semua daya dan upaya yang telah dilakukan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan Lubuk Basung, sebagai ibukota Kabupaten Agam untuk mengangkat marwah daerah secara keseluruhan.

“Sudah 29 tahun kita membangun Lubuk Basung sebagai ibukota Kabupaten Agam, selama itu pula telah terbukti bahwa dalam melaksanakan pem­­­bangunan perlu mempertimbangkan skala prioritas, estetika, tata ruang dan manfaat jangka panjang bagi masyarakat luas,”sebutnya.

Memang katanya, keberlanjutan pembangunan sangat bergantung pada integritas program, dengan kondisi eksisting yang ada saat ini. Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah dengan masyarakat saling berikan dukungan yang konstruktif, demi kemajuan Lubuk Basung ke depan.

“Maka kita berharap, peringatan 29 tahun kebe­radaan ibukota Ka­bupaten Agam di Lubuk Basung, da­pat berikan motivasi dan semangat bagi masyarakat untuk menjaga persatuan kesatuan dalam mendukung pembangunan dae­rah,”ha­rapnya.

Dengan semangat dan kebersamaan membangun daerah, diyakininya ke depan Lubuk Basung menjadi kota yang lebih maju, bermartabat dan bisa di­banggakan.

Di momen ini, Pemkab Agam beri penghargaan pada keluarga tokoh ma­syarakat, yang berjasa atas perpindahan Ibu Kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top