Menu

29 Bangunan Sekolah Rusak, Disdikbud Kabupaten Pasaman Usulkan Perbaikan

  Dibaca : 112 kali
29 Bangunan Sekolah Rusak, Disdikbud Kabupaten Pasaman Usulkan Perbaikan
Geudng Disdikbud Pasaman.

PASAMAN, METRO–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pasaman men­catat pada bulan Januari-Juli 2021 jumlah kerusakan bangunan minimal sedang dan berat dari tingkat Se­kolah Dasar (SD) Negeri atau Swasta serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) mencapai 29 bangunan di daerah itu.  Diperkirakan bangunan itu rusak karena dimakan usia dan karena bencana alam.

”Dari total 249 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pasaman, ada 23 SD me­ngalami kerusakan bangu­nan berat serta sedang, selanjutnya dari 38 SMP di Pasaman yang mengalami kerusakan bangunan se­dang sebanyak 6 SMP,” kata Kasi Kelembagaan Sarana dan Prasarana, Dinas Pendidikan dan Ke­budayaan Kabupaten Pa­sa­man, Haryanto.

Dikatakan, Dinas Pen­didikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman me­ngusulkan perbaikan ba­ngunan minimal kerusakan berat dan kerusakan se­dang, pembangunan baru seperti mencapai 37 SD Negeri dan Swasta di tahun 2022 dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemen­te­rian Pendidikan Dan Kebu­da­yaan Republik Indonesia.

”37 SD Negeri dan s­wasta tersebut tersebar di 10 Kecamatan, antara lain Tigo Nagari, Simpati, Lubuk Sikaping, Panti, Padang Gelugur, Rao Selatan, Rao, Mapat Tunggul Selatan, Mapatunggul dan Duo Ko­to,” kata dia.

Jika usulan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak mendapatkan anggaran maka akan diusulkan me­lalui Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kabupaten Pasaman.

Ia menuturkan me­ka­nis­me pengajuan reha­bilitas bangunan dan pem­bangunan baru dari pihak SD dan SMP yakni dengan cara menginput data se­suai syarat yang telah di­ten­tukan ke sistem Da­podik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman.

Setelah itu pihak Dinas Pendidikan dan Kebu­da­yaan Kabupaten Pasaman, akan turun kelapangan untuk melakukan survei ke pihak sekolah ber­sang­kutan.

”Jika sesuai dengan persyaratan maka data yang diusulkan itu dikirim ke aplikasi Kolaborasi Pe­ren­canaan dan Informasi Kinerja Anggaran (Kris­na),” kata Haryanto. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional